Minum Kopi dan Efek Bagi Tubuh di Tiap Menitnya

 

minum kopi
minum kopi

Minum kopi, bagi sebagian orang adalah solusi dari masalah penat, pusing atau stres dari akibat tekanan pekerjaan dan lainnya, namun ada kalanya kita juga perlu memperhatikan reaksinya bagi tubuh

BantenTribun.id- Jaman Now, kopi bukan lagi sekedar minuman biasa. Ia menjelma menjadi bagian yang sulit dipisahkan bagi pecintanya.Sekedar untuk penghilang penat, hingga bagian dari gaya hidup anak milenial dan kaum urban.

Kopi juga bukan sekedar minuman dengan warna filosofis di dalamnya, lebih dari itu, “si hitam manis” juga memiliki dampak bagi tubuh penikmatnya.

Mau tahu? berikut dampak kopi bagi tubuh dari menit ke menitnya.

Dilansir dari laman bright sight, kopi ternyata memiliki efek mengagumkan bagi tubuh per sepuluh menitnya seperti berikut penjelasannya:

Sepuluh menit pertama,kafein yang terkandung dalam kopi akan mengalir pada pembuluh darah orang yang minum kopi. Selanjutnya jantung akan berdetak lebih kencang dan tekanan darah mulai meningkat.

Sepuluh menit kedua, reaksi kopi mulai menjadi, pada menit ini biasanya orang yang minum kopi mulai lebih fokus dan waspada. Hasilnya anda akan menemukan diri anda menjadi lebih ‘cerdas’ mudah mengambil keputusan dan mengatasi masalah.

Kemudian, di sepuluh menit ketiga, adrenalin mulai banyak diproduksi dalam tubuh. Penglihatan anda akan lebih tajam dan mata anda sedikit melebar, bisa jadi itu penyebab banyak orang menganggap minum kopi adalah solusi untuk mengatasi rasa kantuk.

Berikutnya, di sepuluh menit keempat. Level Serotonin ditubuh mulai meningkat. Hal ini memicu peningkatan kekuatan otot dan fungsi motorik dari neuron.

Itulah efek dari minum kopi setiap sepuluh menitnya. Namun bagi anda pecinta kopi, ada baiknya perhatikan beberapa hal yang mungkin berdampak negatif pada tubuh.

Pasalnya setelah 4 jam, selain meningkatkan energi dan meluruhkan lemak, kopi juga mempengaruhi kinerja asam dalam lambung.

Nah, bagi anda yang doyan ngopi, ada baiknya melakukan banyak gerak setelah kopi ‘berendam’ lebih dari 4 jam dalam tubuh. Pasalnya bila tak banyak bergerak, kandungan kopi yang tercerna mulai mengganggu kenyamanan lambung akibat terpicunya produksi asalm dalam perut.

Dan setelah 6 jam, kopi mulai menghasilkan reaksi diuretik, dimana tubuh perlahan kehilangan vitamin dan mineral serta memicu gangguan pada metabolisme kalsium. (AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.