Menteri Susi Ngoceh, Hamparan Sampah di Pantai Teluk Labuan Dibersihkan Pemda

11 kendaraan truk disiapkan untuk mengangkut sampah di pantai Teluk Labuan Pandeglang, Kamis,2/8 (foto-ist-BantenTribun)

11 kendaraan truk disiapkan untuk mengangkut sampah di pantai Teluk Labuan Pandeglang, Kamis,2/8 (foto-ist-BantenTribun)

Hamparan sampah di Pantai Teluk Labuan, yang lama dibiarkan, hari ini dibersihkan tim Pemkab Pandeglang. Aksi ini dilaksanakan usai Menteri Susi Pujiastuti, ngoceh di akun twiternya, Rabu (1/8), dan meminta Pemda segera melakukan aksi pembersihan. Volume sampah diperkirakan mencapai 100 truk dan butuh waktu satu minggu untuk membersihkannya.

Pandeglang, BantenTribun.id-–Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyoroti banyaknya sampah di Pantai Teluk Labuan,Pandeglang. Pantai Teluk, yang tidak jauh dari pelelangan ikan ini dinilai kotor dan dipenuhi sampah yang menggunung. Sepanjang bibir pantai yang dekat dengan permukiman warga itu tertutup sampah.

Kondisi sampah pantai yang terkesan lama dibiarkan itu, sebelumnya pernah diberitakan Portal berita Banten Tribun, edisi 6/7/2018, dengan judul “Hamparan Sampah di Pantai Nelayan Teluk Labuan Dibiarkan, Pemda Diminta Turuntangan”.

Gunungan sampah di tempat itu kembali diberitakan laman detik.com dengan judul ‘Duh! Pelabuhan Ikan Kok Kayak Penampungan Sampah’ serta dimuat dalam runing teks sebuah stasiun televisi.

Pernyataan Menteri Susi Pujiastuti yang memohon Pemda segera membersihkan sampah di Pantai tersebut, disampaikan dalam akun twitternya.

Bapak/Ibu gubenur, bupati, walikota Banten/Pandeglang, Labuhan mohon segera dilakukan aksi pembersihannya,” kata Susi dikutip dari akun twitter resminya @susipudjiastuti, Rabu (1/8/2018).

Menteri Susi merespon kondisi pantai nelayan tersebut yang sangat memprihatinkan dengan banyaknya sampah-sampah di laut.

Hamparan sampah di pantai Teluk Labuan (foto-aldo-BantenTribun)
Hamparan sampah di pantai Teluk Labuan (foto-aldo-BantenTribun)

Menurut Susi, Sampah-sampah itu bisa berdampak negatif, bukan hanya terhadap sumber daya alam di sana tapi juga manusia.

Polusi laut akan merusak sumber daya perikanan. Juga mengurangi keindahan, dan mengancam kesehatan masyarakat. Mari mencintai, menjaga dan merawat laut. Salam hormat,” tambahnya.

Hari ini Pemda Bersihkan Sampah

Pasca ocehan twitt Menteri Susi Pujiastuti, Pemkab Pandeglang hari ini, Kamis (2/7) menurunkan tim gabungan untuk melakukan pembersihan sampah-sampah di sekitar bibir Pantai Teluk Labuan yang disorot tersebut.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita turun ke lokasi. Sedikitnya diperkirakan 200 orang yang tergabung dari unsur UPT Kementerian Kelautan, Dinas Kelautan Provinsi Banten, Jajaran OPD Kabupaten Pandeglang, Polres, Kodim, Satpol PP, BPBD, Camat dan para UPT atau Korwil Kades, Balawista, Pokdarwis dan masyarakat sekitar pantai, turun bersama melakukan gerakan pembersihan sampah.

“Alhamdulillah hari ini dilakukan gerakan bersih-bersih pantai. Sebanyak 11 truk diturunkan dari DLH Pandeglang, 2 truk dari PUPR Provinsi, 2 truk dari Disperkim Prov dan 1 truk dari DPUPR Pandeglang, serta 1 kendaraan Beko milik DPUPR” terang Indah Dianrsiani, Kepala Dinas (Plt) Lingkungan Hidup (DLH) kepada BantenTribun, Kamis, (2/8).

Menurut Indah, Jumlah volume sampah belum bisa diprediksi karena ada sampah yang masuk ke laut.

Petugas gabungan berbagai unsur dan warga sekitar membersihkan sampah
Petugas gabungan berbagai unsur dan warga sekitar membersihkan sampah

Hari ini ada 25 truk sampah yang sudah terangkut untuk dibuang ke TPA dan akan dilanjutkan besok pagi,” jelasnya.

Selain aksi pembersihan, Bupati Irna menginformasikan kepada masyarakatuntuk tidak membuang sampah sembarangan. Larangan itu sudah tertuang dalam Peraturan daerah dan Perbup.

Dalam seminggu ini, kata Indah, akan dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dari aparat desa dan KEK serta mahasiswa IPB yang sedang KKM di Desa Teluk.
Kades juga diinstruksinya untuk membentuk Tim Pengawasan dan Penindakan, khususnya di pantai Teluk jika ada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Pemberlakuan sangsi denda atau kurungan sesuai yg diamanatkan Perda maupun Perbup.

Untuk solusi selanjutnya, Indah memastikan akan memperbanyak tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dan meminta kerjasama dan pengertian masyarakat sekitar agar peduli tehadap kebersihan lingkungan masing-masing.

Belasan truk siap mengangkut sampah
Belasan truk siap mengangkut sampah

Kemih Kurniadi, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, memperkirakan volume sampah bisa mencapai 100 truk.

Perkiraan sampah 100 truk dan target aksi membersihkannya diharapkan dalam satu minggu ini beres,” kata Kemih.(kar).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.