Mengintip Tokoh Finding Nemo di Pulau Pahawang Lampung

Pulau Pahawang lampung, disini kita bisa bercengkerama dengan ikan nemo, tokoh utama film animasi finding nemo( foto-BantenTribun)
Pulau Pahawang lampung, disini kita bisa bercengkerama dengan ikan Nemo, si tokoh utama film animasi finding nemo ( foto-BantenTribun)

Pulau Pahawang memiliki sejuta pesona yang tidak kalah menarik dengan obyek lainnya. Sekarang, Pulau ini mulai sering dimasukkan dalam setiap penawaran paket wisata yang ada di Lampung.Di Pahawang,kita bisa bersnorkeling dan bercengkerama dengan ikan Nemo yang jinak, sebuah jenis ikanyang terkenal menjadi tokohutama dalam  film animasi “Finding Nemo”

Pandeglang,BantenTribun.id—    Merasakan keindahan  wisata bawah laut yang bagus dan bisa bercengkerama dengan ikan Nemo atau ikan laut lainnya, atau bersnorkeling di perairan jernih? Pulau Pahawang Lampung bisa jadi pilihan yang perlu dicoba.

Nama tempat wisata laut di Lampung ini memang belum setenar Raja Ampat. Tapi pulau ini ternyata  sudah ramai dan banyak pengunjung yang datang ke Pahawang sebagai destinasi wisata pantai.

Finding_Nemo@Bhayu MH
Finding_Nemo@Bhayu MH

Pulau di Lampung yang satu ini disebut-sebut juga sebagai surga tersembunyi. Salah satu spot snorkeling yang indah dan masih belum begitu banyak di jamah orang. BantenTribun menuliskan info seputar catatan perjalan ke pulau Pahawang, saat musim liburan Desember ini.

Daya tarik utama objek wisata ini, tentu snorkeling, berenang menikmati terumbu karang dan juga biota laut yang beragam di air yang jernih.

Kita juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang memang indah. Buat yang ngga suka berenang atau snorkeling, masih tetap bisa menikmati keindahan  pantai Pahawang, menikmati suasana khas pantai yang segar, sunrise dan sunset, ataupun melihat-lihat flora dan fauna khas hutan mangrove, di sekitar bibir pantai.

Pahawang Besar

Merupakan pulau utama. Disini terdapat penduduk, penginapan dan juga fasilitas lainnya. Luas pulau ini kurang lebih 1000 hektar dan di huni oleh kurang lebih 1000 kepala keluarga.

Di Pahawang besar sudah terdapat fasiltias umum seperti puskesmas, dan juga sekolah. Biasanya pengunjung yang wisata ke pulau pahawang menginap di pulau pahawang besar.

Di sekitar Pahawang Besar terdapat banyak spot snorkeling unik yang dikenal dengan taman nemo. Spot-spot snorkeling ini banyak jadi tujuan, karena disini kita bisa dengan mudah melihat ikan Nemo di habitat alamnya. Ikan Nemo atau ikan badut atau ikan Giru, (Clown fish), terkenal karena menjadi tokoh utama di film animasi Finding Nemo.

Disebut ikan Nemo disini mungkin karena Di spot Taman nemo, kita bisa melihat ikan-ikan ini bebas berkeliaran di sekitar anemon laut yang menjadi tempat tinggalnya. Pengunjung bisa bercengkerama dengan jenis ikan laut yang  jinak ini. Tapi mesti diingat, ikan ini tidak boleh diambil atau dibawa pulang.

Pahawang Kecil

Letak pulau Pahawang kecil tidak jauh dari Pahawang besar. Luasnya kurang lebih 13 hektar. Kabarnya, pulau ini dikelola atau dimiliki secara privat oleh bule warga negara perancis. Disini terdapat cottage. Tapi karena private, jadinya tidak bisa bebas dikunjungi oleh wisatawan. Untuk bisa mengunjungi pulau ini, katanya  harus membuat kesepakatan terlebih dulu.

Menuju ke tempat wisata pulau Pahawang, ada beberapa area yang terkenal dan jadi tujuan utama para wisatawan. Tempat-tempat tersebut antara lain;

Pulau Kelagian Besar

Pulau kelagian besar memiliki pasir pantai putih yang indah. Pulau ini tidak berpenghuni karena memang sering dijadikan tempat latihan oleh pasukan TNI AL. Wisatawan yang datang berkunjung,bisa menikmati suasana sekitar pulau Kelagian Besar

Pulau Kelagian Kecil

Pulau Kelagian Kecil sering jadi spot snorkeling pertama yang dikunjungi. Letaknya satu rute ke pulau Pahawang, jadi banyak operator tour yang menjadikan tempat ini sekaligus sebagai destinasi yang di kunjungi.

Luasnya kurang lebih 1 hektar saja. Pengunjung biasanya memang lebih memilih pulau Kelagian Kecil dibanding pulau Kelagian Besar, karena suasana alamnya yang menurut banyak orang lebih indah. Lebih kena suasana pantainya.

Sekitar Pulau Pahawang

Nah, Pahawang besar jadi tujuan utama wisatawan disini. Selain itu buat yang menginap, pulau ini juga jadi tempat istirahat. Disini kita bisa menginap di penginapan ataupun wisma-wisma penduduk yang bisa di sewa.

Disini tidak cuma snorkeling, kita bisa juga menikmati suasana pantai di sekitar pulau di saat sunrise dan sunset, berjalan-jalan di pasir pantai, dan lain sebagainya. Pantai Pahawang merupakan salah satu pantai di Lampung yang direkomendasikan traveller.

Bersnorkeling di pahawang, bercengkerama dengan Nemo( foto-BantenTribun)
Bersnorkeling di pahawang, bercengkerama dengan Nemo( foto-BantenTribun)

Lokasi Pulau Pahawang

Lokasi pulau Pahawang berada di area kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau ini bisa dijangkau kurang lebih 1 jam perjalanan dari dermaga penyeberangan Ketapang di Bandar Lampung.

Cara Berkunjung ke Pahawang Lampung

Ada beberapa rute ke pulau Pahawang yang bisa digunakan. Mau backpacker  dengan menggunakan kendaraan umum atau bisa juga dengan mobil pribadi.

Jika menggunakan bus umum, dari Pelabuhan Bakauheni  kita bisa naik bus menuju Bandar Lampung dan berhenti di Terminal Rajabasa (sekitar 2 jam). Dilanjutkan naik angkot jurusan Rajabasa-Tanjung Karang, sekitar 30 menit , berhenti di Pasar Bawah Ramayana. Dari sini, kita melanjutkan  naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung, berhenti di Gudang Garam lalu naik angkutan pick up menuju Dermaga Ketapang (sekitar 1 jam).

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Lampung, lalu ke Bunderan Gajah lurus ke arah Teluk Betung lalu kea rah Padang Cermin/Way Ratai. Ada penunjuk jalan yang bisa memandu supaya tidak tersesat. Jalur yang sama bisa ditempuh dari Terminal Rajabasa perkiraan waktu perjalanan sekitar 1 -1.5 jam.

Bila sudah sampai di Dermaga Ketapang, baru dilanjutkan ke pulau pahawang dengan menggunakan perahu nelayan yang banyak tersedia dan siap mengantar kita. Tarip menuju pahawang  pergi -pulang , dengan perahu ini sebesar Rp250.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk paket perlengkapan lengkap untuk snorkeling dan pemandu wisata.  Dengan ongkos sebesar itu, Perahu dan pemandu akan mengantar kita mengunjungi spot kepulauan yang tersedia di Pahawang. Oh ya, untuk anak-anak usia dibawah 15 tahun, tidak dikenakan tarip paket tadi.*(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.