Mengais Rezeki Di Latihan Haji

170
Bergaya untuk diabadikan di moment haji-BantenTribun

Pandeglang, BantenTribun.id – Seorang ibu tergesa-gesa membantu anaknya untuk menaiki patung Onta. Dibelakangnya terpajang layar berlatar pemandangan gurun padang pasir. Pengarah gaya lalu sibuk  ikut mengatur posisi  pose  anak itu. Dan..Klik.! satu jepretan kamera fotografer musiman itu mengabadikannya.

“Untuk kenang-kenangan anak, mumpung lagi pake pakain haji,” kata Umayah, dari TK  Kecamatan Sodong, Pandeglang.

Acara latihan manasik haji bagi anak-anak RA dan TK kembali digelar hari ini, Kamis (14/9), di Alun-alun Pandeglang. Moment  tahunan ini pun tetap mengundang  para photografer musiman untuk berburu mengais rezeki.

“Saya dari Kampun Banten Lama, Serang pak. Dari semalam kami sudah datang bersama rombongan lain untuk mencari rizki dari foto ini,” kata Aan, kepada BantenTribun, kamis(14/9) di lokasi pemotretan.

Aan menceritakan, jika ia dan rombongan lainnya hanya bekerja dengan sistem bagi hasil. Semua perlengkapan dari mulai kamera, layar, patung serta transportasi ke lokasi, ditanggung pemilik atau boss-nya.

Suhardi, bertugas mencetak foto dengan print, BantenTribun

“Ibaratnya  kerja saja, Cuma dengan cara bagi hasil pak,” terangnya.

Harga  satu lembar foto ukuran 12 R, dibandrol Rp 15.000. Hasil Foto  yang dicetak menggunakan printer 6 tinta itu, bisa ditunggu atau diambil saat acara selesai.

“Pasti diambil , karena  kalau mau difoto harus bayar dimuka,” imbuh  Amar , fotografer lainnya.

Sedikitnya terdapat 18 spot foto yang menggelar  moment latihan  haji hari itu. Dari satu orang boss, mempunyai 3 hingga 4 tim berikut perlengkapannya. Menurut pengakuan mereka, dari hasil menjepret ini, mereka bisa mendapatkan omset sekitar Rp 1 juta  hingga Rp 1,5 juta. Besarnya pendapatan  itu dibagi sama besar dengan boss atau juragan mereka, setelah dipotong biaya tranportasi dan makan.

“Ya lumayan lah, bisa kebagian 100 sampai 200 ribu mah,” kata  Suhardi, tim yang bertugas mencetak foto.

Moment Manasik Haji, memang membawa berkah tersendiri bagi mereka dan pedagang lainnya.(Mi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here