Ini Dia, Manfaat Serat yang Wajib Kamu Ketahui

manfaat serat

  • Manfaat serat sangat hebat untuk kesehatan tubuh kita
  • Usus yang sehat akan membuat sistem pencernaan berjalan baik dan menghasilkan energi yang cukup untuk aktivitas kita

Pandeglang, BantenTribun.id– Mengkonsumsi makanan kaya serta seperti buah-buahan dan sayuran mampu mengurangi resiko berkembangnya diabetes, penyakit jantung dan athritis.

Meski belum ditemukan bukti riil dari pola konsumsi itu, namun para ahli sering menyatakan betapa hebat pengaruh makanan penuh serat untuk kesehatan.

Berbagai pertanyaan mengenai apa yang menyebabkan serat memiliki pengaruh hebat untuk kesehatan pun sering dilontarkan.

“Sebuah pertanyaan yan g mudah namun sulit ditemukan jawaban tepatnya” ungkap Frederick Backhed, seperti dilansir dari Newyork Times.

Backhed merupakan seorang ahli biologi di Universitas Gothenburg Swedia. Dia dan ilmuwan lainnya menjalankan sebuah eksperimen untuk mencari petunjuk baru tentang pentingnya peran serat bagi kesehatan manusia.

Hasilnya menunjukan bahwa manfaat serat tidak secara langsung berdampak pada tubuh, tapi ia memberi makan miliaran bakteri dalam tubuh kita, menjaga mereka tetap tangguh untuk membuat usus kita sehat.

Usus yang sehat menyebabkan pencernaan dan kekebalan kita tetap dalam keadaan baik.

Kita tentu paham, bila untuk mencerna makanan kta memerlukan sebuah enzim untuk memecah molekulnya, fragmen molekuler itu kemudian melewati dinding usus dan diserapnya.

Sebelumnya misteri mengenai bagaimana bakteri mampu bertahan hidup pada serat yang kita konsumsi sulit terungkap.

Namun belakangan, lewat penelitian terperinci yang di terbitkan jurnal Cell Host dan Microbe memberikan bukti kuat bila buah dan sayuran kaya serat benar-benar membuat bakteri menguntungkan dalam tubuh menjadi tangguh.

Untuk membuktikan hal itu, Dr. Backhed melakukan percobaan menggunakan seekor tikus. Ia dan rekan-rekannya mengamati secara detail mengenai keragaman spesies yang membentuk microbioma usus tikus.

Hasilnya sungguh spektakuler, Tikus yang diberi makanan rendah serat, ususnya menjadi lebih kecil dan lapisan lendirnya lebih tipis.

Hal itu menyebabkan dinding usus mereka rentan terkena luka dan memicu reaksi menurunnya kekebalan tubuh.

Sebaliknya, tikus yang diberi makanan tinggi serat yang disebut inulin, lapisan lendirnya menjadi lebih sehatd dan bakteri menguntungkan pada usus bekerja secara optimal.

Menurut Backhed, salahsatu cara agar serat benar-benar bermanfaat untuk kesehatan adalah dengan memberi kita makanan lain.

Begitu bakteri dalam usus kita sehat karena cukup serat, maka   mereka akan membuang fragmen-fragmen yang dipecah enzim menjadi limbah dalam bentuk asam lemak rantai pendek dan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk membangun energi.

“Mikroba usus itu lebih sekedar menghasilkan energi, mereka juga mengirim pesan” ungkap rekan Dr. Backhed. Sel usus bergantung pada sinyal kimia dari bakteri untuk bekerja dengan baik.

Manfaat serat sangat baik untuk usus dan usus yang baik mampu menghasilkan energi yang optimal untuk tubuh,  maka konsumsilah serat sebaik mungkin. (red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.