Maksimalkan Pembangunan, Pemkab Pandeglang Gelontorkan Miliar Rupiah Bangun Insfrastruktur Jalan

Bupati Pandeglang Irna Narulita, saat meninjau lokasi pembangunan jalan (foto-ist)

Bupati Pandeglang Irna Narulita, saat meninjau lokasi pembangunan jalan (foto-ist)

Pemkab Pandeglang berupaya memaksimalkan pembangunan jalan terutama wilayah selatan, guna mendukung pembangunan secara keseluruhan di daerah ini. Duit milyaran rupiah pun digelontorkan.


Pandeglang,BantenTribun.id – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, memaksimalkan pembangunan jalan terutama wilayah selatan, guna mendukung pembangunan secara keseluruhan di daerah ini. Ditahun 2018 tercatat miliaran rupiah di gelontorkan Pemkab Pandeglang untuk pembangunan di bidang insfrastruktur jalan.

Tahun 2018 di Kecamatan Cigeulis kurang lebih Rp. 24 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari beberapa program yang dibuat oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun anggaran yang paling mendominasi adalah untuk pembangunan Infrastruktur dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) sebesar Rp.5,4 miliar, dan Dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) sebesar Rp. 5,6 miliar. Hal ini terungkap saat Kunker Bupati Pandeglang Irna Narulita di Kecamatan Cigeulis, Rabu (18/7/2018).

Pembangunan infrastruktur dari PUPR yaitu Pembangunan Irigasi kalapa koneng pamatang kanyere, Desa Banyu Asih sebesar Rp. 120 juta, Pembangunan peningkatan jembatan Kampung Muncang Desa Ciseureuheun sebesar Rp.550 juta, Pembangunan peningkatan jalan Marapat Camara sebesar Rp. 4,7 miliar.

Sedangkan untuk anggaran dari DPKPP sendiri adalah Peningkatan jalan lingkungan Kampung Masjid Desa Karangbolong sebesar Rp. 59,3 juta, Peningkatan jalan lingkungan Kampung Gunung Batu Desa Karangbolong sebesar Rp. 59,3 juta, Desa Katumbiri Rp.38 juta, Desa Waringinjaya Rp. 118,7 juta, Desa Karyabuana Rp. 38 juta, Kampung Cigabing – Kampung Binong Desa Ciseureuheun Rp. 190 juta. Kampung Cigabig Desa Ciseureuheun Rp.237 juta, Kampung Cibeber- Kampung Pamatang Laban Desa Banyuasih Rp. 165,3 juta.

Kampung Talasari-Kampung Kadongdong Desa Cigeulis Rp. 85,5 juta, Desa Sinarjaya Rp. 66,5 juta, Kampung Camara DesaBanyu Asih Rp. 90 juta, Kampung Sinegah Desa Karangbolong Rp. 350 juta, Kampung Cisereheun-Kampung Gintung Rp. 300 juta, Peningkatan jalan lingkungan simpang Cikadu-Citancang tahap 1 sebesar Rp. 3 miliar, Peningkatan jalan lingkungan TPA Tarumanegara sebesar Rp. 700 juta, dan Sistem pelayanan air minum Desa Karangbolong sebesar Rp. 175 juta.

Kemudian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan ruas jalan dan sarana lainnya yang dibangun di Kecamatan Menes adalah penataan Alun-alun Menes anggaran sebesar Rp. 1,4 miliar, peningkatan Jalan Cimanying – Pasar Menes sepanjang 1.250 m x 6,20 m dan 535 m x 4,80 m kualitas hotmix anggaran sebesar Rp. 2 miliar, Jalan Menes – Baru Satu sepanjang 1.230 m x 4 m kualitas betonisasi dengan anggaran sebesar Rp.3,25 miliar, dan pemeliharaan Jalan Muruy – Jiput sepanjang 375 m x 3 m kualitas hotmix sebesar 714,2 juta.

Lalu dua Kecamatan paling ujung di kota Santri ini akan di guyur anggaran puluhan miliar.Dengan begitu, harapan masyarakat Kecamatan Cimanggu dan Sumur memiliki infrastruktur yang baik sepertinya akan segera terwujud, pasalnya tahun ini Pemerintah Pusat akan segera membangun jalan tersebut dengan mengalokasikan anggaran sebesar 131 milyar dengan panjang mencapai 22 KM, termasuk jalan betonisasi sepanjang 1’8 kilo yang menghubungkan Ciburial dengan Cikadu dengan menelan anggaran 4,6 milyar.

Bupati Irna Narulita mengatakan, Pemerintah daerah saat ini terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, karena jalan Cimanggu -Sumur merupakan jalan nasional, kewenanganya ada di Pemerintah Pusat, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian PUPR, agar proses pembangunanya segera terealisasi.

Betonisasi jalan Marapat Cigeulis Pandeglang
Betonisasi jalan Marapat Cigeulis Pandeglang

Lebih lanjut Irna mengatakan Pemerintah daerah tidak tinggal diam pihaknya terus bergerak secara masif.

“Oleh karena itu kitaharus optimis, kami menginginkan kemajuan pembangunan disegala bidang walaupun secara bertahap, mari kita kawal segala proram kegiatan pembangunan, agar keberhasilan pembangunan bisa terwujud,” kata Bupati Irna Narulita saat ditemui, dalam acara kunker di Kecamatan Cimanggu. Senin (16/7/2018).

Kepala Dinas PUPR Girgi Jantoro mengatakan Pemerintah Pusat akan segera membangun jalan Cimanggu Sumur dengan beton sepanjang 22 Km, jalan tersebut memang kewenanganya milik Pemerintah Pusat, dan untuk saat ini masih dalam proses lelang, jika proses lelang sudah ada pemenangnya tentu pembangunanya akan segera dilaksanakan.

“Terkait pembangunan jalan Cimanggu Sumur akan dilaksanakan multi years selama 2 tahun, untuk tahun ini akan dianggarkan 50 milyar dan tahap selanjutnya 81 milyar jadi total semuanya untuk anggaran pembangunan jalan Cimanggu Sumur 131 milyar,”tutupnya.(Advertorial Diskomsantik/ck)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.