Lomba Fotografi di Festival Tanjung Lesung

659

Pandeglang,BantenTribun.id – Festival Tanjung Lesung kali ini mengusung tema “Pesona Tanjung Lesung”.  Kawasan ini  menjadi salah satu dari tujuh keajaiban destinasi wisata unggulan di Provinsi Banten, selain Baduy, Sawarna, Ujung Kulon, Menara Anyer, Banten Lama, Cisadane.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata telah sukses menyelenggarakan berbagai festival. Posisinya yang unik karena berada di ujung barat Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan samudra luas di Selat Sunda dan Kawasan Gunung Krakatau, memiliki potensi luar biasa sebagai destinasi wisata unggulan.

Menikmati keunikan Tanjung Lesung, kita juga bisa mengikuti Lomba Fotografi  Event  & Destinasi,  saat acara berlangsung yang akan menampilkan beragam kemeriahan, seperti :MTB XC Marathon, Sunset Trail Run, Pandeglang 10K, Joy Sailing, Stand Up Paddle Board, Kayak, Launching Rhino Dive Centre, Kesenian Tradisional Banten, Live Music, Workshop Bebegig, Taman Bebegig dan Kolecer, Pasar Kolecer, Handicraft Exhibition.

Peserta lomba foto ini dari masyarakat umum. Bisa menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. Bagi yang belum punya, kita juga bisa menggunakan  kamera dari telephon Celluler. Untuk peserta pengguna celluler, panitya tetap menyediakan hiburan bagi pemenangnya.

Wartawan BantenTribun  Menjadi Dewan Juri Lomba Foto Tanjung Lesung

Dewan juri dalam lomba fotografi kali ini, diisi oleh muka-muka  profesional yang tidak asing dalam dunia fotografi. Selain nama Imam Hartoyo, Denny Herliyanso, Asep Fathurrohman, Ukon F.Sukanda, juga  ada  nama  Arifin La Galigo.

Nama Arifin La Galigo, merupakan wartawan portal berita ini, sekaligus pengasuh rubrik “Klik BantenTribun”. Arifin, alias  Nurhaipin La Manna, memang sudah tidak asing bagi telinga penggiat dunia fotografi. Kiprahnya sudah dikenal sebagai fotografer dan  penguji kompetensi fotografi di Provinsi Banten. Ia juga sering diminta menjadi juri dalam berbagai event lomba fotografi hari  ulang tahun Kabupaten-Kota di Banten.

Pada Lomba kali ini,  disediakan hadiah uang tunai sekitar Rp15 juta untuk  juara 1sampai juara harapan.

Syarat dan Ketentuan Lomba

Peserta  lomba ini terbuka untuk umum. Selain foto harus karya cipta sendiri, foto yang diikut sertakan harus diberi judul dan lokasi objek.  Foto diambil saat acara berlangsung ( On the Spot) mulai  22 – 24 September 2017.

 Foto boleh mengambil objek potensi destinasi wisata sekitar Tanjung Lesung, seperti   kegiatan seni dan budaya di desa  zona pendukung, seperti Desa Cikadu, dan sekitarnya. Peserta bisa mengirimkan maksimal 3 karya foto, dalam format digital (jpeg) berwarna, dengan ukuran  maksimal 2000 pixel ( sisi terpanjang).

Olah digital   untuk foto yang disertakan, masih diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto    (sharpening, cropping,    color balance, dan saturasi warna) tanpa mengubah keaslian objek.

Peserta lomba, tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto (montage) dan menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto.  Kriteria penilaian foto meliputi  mutu teknis, estetika, pesan, kesesuaian thema dan kreatifitas.  Bagi peminat lomba, bisa mengirimkan  sms  dari sekarang ke nomor  08777-1264-911, dengan  format : Nama -Asal Kota- Kategori.

“Bagi pemula, jangan takut untuk mencoba ikut serta dalam lomba fotografi ini,” kata Nurhaipin alias Arifin La Galigo, kepada BantenTribun.* (mi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here