Lagu 2019 Ganti Presiden Karya Sang Alang Terbukti Bukan Plagiat

2019 ganti presiden
Sang Alang, 2019 Ganti Presiden

PADANG – Sejak diunggahnya lagu ‘2019 Ganti Presiden’ yang ditulis dan dinyanyikan Sang Alang oleh beberapa kanal Youtube, seperti: Diatunes Artist Management, Abdani Riding, Safa Sport, dan lainnya pada hari Sabtu 19 Mei 2018, menuai pro kontra dari para penikmat musik di Tanahair. Mulai dari rasa senang karena aspirasi tersalurkan, dan juga kecaman, hingga wacana yang mengatakan lagu ini plagiat.

“Sebuah lagu itu adalah komposisi nada dari rangkaian akord. Sebuah lagu dikatakan plagiat ketika meniru lebih dari delapan bar lagu yang sudah ada sebelumnya. Saya telah bandingkan akord lagu ini dengan lagu Better Man dari Robbie Williams. Ternyata akordnya berbeda,” kata Muhammad Fadhli, pengamat dan wartawan musik, ketika diwawancarai, Senin 28 Mei 2018.

Fadhli juga mengatakan, asumsi yang mengatakan adanya kesamaan bisa jadi dipengaruhi oleh alat musik gitar rhythm yang sama-sama ditojolkan. Sedangkan karakter bernyanyi, ketukan, soul, dan improvisasi yang disajikan juga berbeda pada kedua lagu ini.

Lebih jauh Fadhli menceritakan, “Sang Alang adalah penyanyi legendaris Indonesia dari era 90-an. Popularitas tentu tidak lagi menjadi tujuannya untuk berkarya. Saya cukup mengikuti proses kreatifnya. Pada awal tahun 2018 lalu, Sang Alang memang sudah merencanakan untuk menulis lagi lagu yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Mungkin impiannya itu yang kini terwujud.”

“I don’t like Politics. Cuma lagu kok diperdebatkan?” kata Sang Alang ketika kami wawancarai Senin 28 Mei 2018 tentang lagunya yang tengah viral ini.

Keberanian Sang Alang menulis lirik lagu 2019 Ganti Presiden ini menjadi momen bersejarah tersendiri pada kelesuan industri musik di Tanahair, ketika mandulnya para seniman musik yang dulu suka membela nasib rakyat.

“Karya seni, baik itu sastra maupun lagu, sejatinya adalah katalisator untuk mengarahkan pergerakan kebudayaan pada nilai-nilai luhur ketimuran kita. Karya yang akan melegendakan senimannya adalah karya yang memerjuangkan nasib orang banyak. Akankah lagu 2019 Ganti Presiden ini semakin luas diterima masyarakat? Tentu masih banyak faktor lain yang menentukannya. Setidaknya, saat ini sudah menyita perhatian publik,” kata Muhammad Fadhli menutup wawancara. (Fadhli)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.