Kantor Pos Tertinggi di Dunia Ada di Lembah Spiti

Kantor pos tertinggi di dunia
Kantor pos tertinggi di dunia@sandipan dutta.

 

Pada ketinggian 4.400 meter di atas permukaan laut di Lembah Spiti di India utara yang terpencil, kantor pos itu menjadi yang tertinggi di dunia. Kantor Pos Hikkim adalah penghubung dengan dunia luar danmenjadi sebuah koneksi vital.

BantenTribun.id-Tanah yang dingin dan seperti di dunia lain, lembah ini terletak di Himalaya di India utara. Lembah Spiti adalah salah satu tempat tertinggi yang berpenghuni di bumi.

Ditandai oleh pegunungan tandus, lintasan berbahaya dan sungai berkelok-kelok, dataran tinggi dengan pemandangan gurun yang dingin tampak seperti di dunia lain.

Di ketinggian 4.440 meter, terdapat kantor pos kecil di desa Hikkim. Kantor pos ini menghubungkan sekelompok desa kecil di wilayah terpencil itu ke seluruh dunia.

Penduduk desa datang ke sini untuk mengirim surat atau menyimpan uang di rekening tabungan mereka. Para petualang pemberani yang berhasil sampai sejauh ini mengirimkan surat mereka dari kantor pos tertinggi di bumi ini.

Kantor ini dioperasikan sejak didirikan pada tahun 1983. Mengelolanya adalah pekerjaan yang sulit: hanya sebagian jalan yang dapat dilewati kendaraan yang berarti surat harus dibawa dengan berjalan kaki. Kantor pos ini sering terpaksa tutup selama musim dingin karena hujan salju yang lebat.

Sebuah rute yang sangat sulit

Dua orang petugas pos berjalan kaki pulang-pergi sepanjang 46 kilometer setiap hari melintasi pegunungan tinggi dan padang rumput untuk mengirim surat ke Kaza, ibu kota Lembah Spiti, yang terhubung dengan jalan ke kota-kota besar lainnya di negara bagian Himachal Pradesh.

Dari Kaza, surat keluar dikirim dengan bus yang sering harus melewati jalanan gunung yang berbahaya, sementara surat masuk dibawa dengan berjalan kaki ke Hikkim.

Dengan pemandangan memukau dari puncak yang tertutup salju, pendakian yang dilakukan oleh tukang pos setiap hari tetap tak tertandingi oleh rute pos lainnya.

Empat atau lima desa yang dilayani oleh Kantor Pos Hikkim tidak memiliki banyak penduduk, sementara cakupan telepon seluler sangat terbatas, dan internet belum ada.

Salah satu desa tersebut adalah Komic. Pada ketinggian 4.587 meter, desa itu adalah salah satu desa tertinggi di bumi yang dapat diakses melalui jalan darat.

Komic terdiri dari sekitar 13 rumah, satu sekolah yang melayani sekitar lima siswa, sebuah biara kuno dan lahan pertanian kecil yang menghasilkan jelai dan kacang hijau.

Desa-desa di Lembah Spiti sering terputus dari daerah lain di negara itu selama lebih dari enam bulan dalam setahun, ketika hujan salju lebat membuat perjalanan menjadi mustahil.

Tetapi kesulitan ini tidak menyurutkan semangat penduduk Spitia. Saat mengunjungi rumahnya di Langza, sebuah desa yang tidak terlalu jauh dari Hikkim, seorang perempuan menggambarkan hidupnya ‘damai’ kepada saya, terlepas dari tantangan yang dia dan tetangganya hadapi.

Jendela ke dunia luar

Persahabatan, ketahanan, kesederhanaan, dan kedekatan spiritual membantu warga Spiti bertahan di tanah yang terisolasi ini selama berabad-abad.

Tetapi mereka pun tidak kebal terhadap gerakan globalisasi. Banyak anggota generasi muda pindah ke kota-kota besar untuk mencari pekerjaan.

Tetapi bagi mereka yang tetap tinggal, kantor pos ini berfungsi sebagai penghubung ke dunia luar.(red)

Sumber : BBC indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.