Kakek Usep Selamatkan Ribuan “Nyawa”Pelanggannya

544
Kakek Penyelamat Ribuan Nyawa
Kakek Usep, di rumahnya-sekaligus bengkel-foto kr-Bantentribun

Pandeglang,BantenTribun.id – Lahir di Desa Lembur Sawah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, tahun 1957, Kakek Usep tetap setia pada pekerjaannya sebagai tukang sol sepatu, hingga detik ini. Pada usianya yang menginjak 60 tahun, kakek 7 anak plus  cucu ini masih konsisten menyelamatkan “nyawa” ribuan sepatu para konsumennya.

“Saya sudah menjalani pekerjaan ini sejak usia 10 tahun,” kata Kakek Usep kepada BantenTribun, dirumah sederhananya yang terbuat dari anyaman bambu penuh tambalan. Itu artinya, ia sudah menjalani pekerjaan selama hampir 50 tahun, sebagai tukang sol sepatu.

Rumah  seukuran 4 X 5 meter di Kampung GarduTanjak RT 04 RW 04 Pandeglang itu  sebenarnya  masih menumpang di atas tanah seorang warga yang berbaik hati. Sekarang rumah itu dijadikan bengkel sol sepatu sekaligus tempat tinggalnya bersama Juhaeti istrinya, serta 3 orang anaknya yang masih bersekolah.

Menurutnya, dengan usia yang semakin tua, ia sengaja mengurangi aktifitas berkeliling jauh untuk menawarkan jasanya sebagai tukang sol. Apalagi sang istri kini menderita sakit stroke, sehingga ia tidak bisa meninggalkannya terlalu lama.

“Sejak SD dulu saya sudah ngesol sepatu bantu orangtua. Sekarang mah sudah tua, paling keliling sampai daerah Saruni atau Maja saja,” kata Usep.

Dari hasil pekerjaannya ini, Kakek Usep mengaku mendapatkan upah berkisar Rp 45.000 hingga Rp100.000, perhari.

“Disukuri saja pak. Pendapatan sebesar itu jelas tidak cukup untuk membiayai  anak bungsu yang masih sekolah di SD dan 2 orang anak di SKB ikut paket C,” tuturnya sambil terus mengesol.

Diusianya yang tidak lagi muda, Usep masih terlihat gesit dan teliti melakukan pekerjaannya. Ia juga menceritakan bahwa ia tidak memiliki modal yang cukup untuk menambah bahan-bahan dan perlengkapan yang diperlukan.

“Saya mah kalau ada modal cukup, pengen bisa belanja bahan dan perlengkapan membuat sandal perempuan. Kalau dari ongkos ngesol mah sedikit,” tutupnya.(Kar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here