Ini Alasan Milla soal Polemik Pemanggilan Pemain Timnas

124
alasan luis milla
@luismillacoach

“Obyektif dan prioritas saya pada uji coba ini adalah mengumpulkan para pemain yang nantinya disiapkan untuk untuk Asian Games 2018, ini merupakan persiapan awal.” Tutur Milla sebagaimana di upload akun instagram @pssi_fai.

Pandeglang, BantenTribun.id- Luis Milla telah resmi memanggil 33 pemain yang dipersiapkan menghadapi  laga uji coba kontra Guyana dan Suriah pekan ini.

Tak dinyana, ternyata 33 pemain yang dirilis PSSI itu menimbulkan polemik dari berbagai pihak. Terutama soal tidak dipanggilnya beberapa pemain yang sejatinya layak membela timnas, bahkan sudah jadi langganan.

Muhamad Ridho dan Terens Puhiri dari Borneo FC, serta Duo Bali United Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly adalah beberapa nama yang tidak masuk dalam list pelatih asal Spanyol itu.

Sebalikya, tiga nama baru dari Skuad Garuda U 19, Egi Maulana Vikri, M. Lutfi Kamal dan M. Rafli malah bakal di jajal Milla di laga nanti.

“Obyektif dan prioritas saya pada uji coba ini adalah mengumpulkan para pemain yang nantinya disiapkan untuk untuk Asian Games 2018, ini merupakan persiapan awal.” Tutur Milla sebagaimana di upload akun instagram @pssi_fai.

Regulasi pemain yang akan bertanding dalam ajang sepakbola Asian Games memang mengharuskan pemain dengan usia 23 tahun ke bawah plus tiga pemain senior. Dalam konteks itu, pernyataan Milla cukup masuk akal. Skuad yang dipilih oleh eks pelatih Valencia itu didominasi pemain U 23 dan tiga pemain timnas U 19.

Lalu untuk memenuhi slot 3 pemain senior, mila juga telah Memanggil beberapa pemain untuk ajang uji coba  kontra Guyana dan Suriah, mulai dari Andritany, Ahmad Jufriyanto,  Bayu Pradana, Andik Vermansyah, Boaz dan Ilja Spasojevic bakal di jajal Milla.

Bila melihat hasil evaluasi timnas U 23 di ajang Sea Games Malaysia beberapa waktu lalu, kelemahan utama tim itu ada pada lini depan. Ezra dan Marinus Manewar yang diandalkan menjebol gawang lawan, tak terlalu produktif dan sering gagal mengoptimalkan peluang. Nampaknya kehadiran Ilja Spasojevic dan Boaz bisa menjadi solusi.

Milla sejatinya masih memiliki banyak pemain yang layak ia coba. Bila ia benar-benar obyektif, pemain seperti Terens Puhiri nampaknya perlu dikedepankan. Torehan prestasi yang buat musim ini bedasarkan statistik malah melebihi apa yang diraih Yabes Roni bahkan Febri “Bow” Haryadi.

Tapi apapun itu, semua keputusan tetap ditangan Milla, pelatih yang memiliki prestasi ciamik dengan timnas spanyol di kelompok umur itu lebih tahu kebutuhan tim yang ia gawangi. (ajat s)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here