Suplemen Vitamin Bisa Sebabkan Heartburn

Suplemen Vitamin Bisa Sebabkan Heartburn
Heartburn

Pandeglang, BantenTribun.id- Dilansir dari Daily Mail, ternyata Suplemen Vitamin bisa sebabkan heartburn. Colin Dougall dari Lloyds Pharmacy di Glasgow, menyatakan bila terdapat dua jenis suplemen vitmain yang bisa menyebabkan Heartburn, yaitu Vitamin B6 dan Arginin.

Vitamin B6 atau dikenal dengan istilah Pyrdoxine merupakan nutrisi penting untuk menjaga fungsi darah dan sistem saraf pusat.

Namun demikian, jenis suplemen vitamin ini ternyata dianggap bisa menyebabkan heartburn. Hal itu dikarenakan suplemen ini dapat menyimpan energi dari makan.

Sementara Arginin, atau asam amino yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah juga dianggap dapat menimbulkan heartburn.

Dougall menyarankan bila anda mengalami heartburn akibat dua supelemen itu, segeralah mencari produk yang lain untuk menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari penyakit yang identik dengan dada yang terasa panas itu.

Mengenal Heartburn

Dilansri dari hellosehat, Heartburn merpakan kondisi dimana dada merasakan sensasi perih yang sangat. Kondisi tersebut bisa jadi lebih buruk bila anda berbaring atau menunduk.

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh asam lambung yang naik keatas – dari lambung ke esofagus. Lemahnya otot pada ujung esofagus akan berpengaruh pada kembalinya asam lambung ke esofagus dan menyebabkan heartburn.

Jenis penyakit ini dapat menyerang manusia pada umur berapapun. Oleh karenanya bila anda mengalami nyeri dada yang ekstrim, mual muntah yang sering, kemudian malas makan karena kualitas pengecapan rasa yang menurun serta sulit bernapas dan menelan sebaiknya segera hubungi dokter .

Preventif dan Kuratif

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Bila anda peduli dengan istilah ini, sebaiknya hindari beberap jenis makanan yang bisa menimbulkan heartburn.

Makan pedas bawang bombay, atau makanan yang mengandung citrus, gorengan, coklat serta alkohol dan kafein sebaiknya anda kurangi atau jika anda sering mengalami heartburn sebaiknya jenis makanan atau minuman itu ditinggalkan saja.

Selain itu, menjaga kesehatan, terutama menjaga tubuh agar tidak mengalami obesita juga langkah yang bijak. Mengingat obesitas dan ibu hamil memiliki resiko yang lebih tinggi terserang penyakit ini.

Selanjutnya bila terlanjur terserang, penggunaan antasid, H2RA atau proton pum inhibitor seperti lansoprazole dan omeprazole bisa anda gunakan tentu sesuai anjuran dokter.

Solusi Alami

Menurut Coulin Dougall, beberapa orang menemukan bila permen karet kenyal bisa menolong, hal itu karena jenis permen tersebut bisa meningkatkan produksi air liur yang dapat mengurangi asam di dalam perut.

Selain itu, masih menurut Dougall, Soda Bicarbonate juga bisa dicoba, karena kandungan alkalinnya bisa menetralkan asam dalam perut.  Namun yang paling penting, ahli farmasi itu menyarankan bila menghindari makanan pedas dan buah jenis citrus adalah solusi yang baik.

Rekomendasi ahli farmasi ini tentunya juga harus dikonsultasikan dengan dokter yang anda percaya, sebab semua keputusan tergantung anda yang meninginkan heartburn dalam tubuh anda tak lagi menyerang. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.