H. Isya B. Awam : Peraih Penghargaan Ketua Kloter JKG Terbaik Musim Haji 1438 H

202

Kunci keberhasilan melaksanakan tugas pekerjaan sebagai ketua kloter,  adalah niat tulus untuk melayani jamaah, sabar dan tenang,  memahami karakternya, mengenalnya dengan baik dengan terus membangun komunikasi, serta  memahami management dan kondisi lapangan.

Pandeglang,BantenTribun.id –Ia tidak pernah bermimpi, apalagi berharap untuk meraih predikat sebagai Ketua Kelompok Terbang (Kloter) JKG Embarkasi Pondok Gede Jakarta. Niatnya sederhana saja, mampu melayani jamaah untuk menunaikan ibadah dengan baik dan berharap menjadi haji mabrur. Karena hanya dengan cara itu,  menurut  pria kelahiran Bojongmanik, Kabupaten Lebak ini,  Ia pun bisa ikut menjadi mabrur.

H.Isya Bin Awam (40), warga Komplek KarangWinaya RT 02/07 Kelurahan Kadumerak, Kecamatan KarangTanjung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mengaku hampir tidak percaya jika pada ahkirnya ia dinyatakan lulus seleksi sebagai ketua kloter musim haji tahun 1438 H.

Betapa tidak, Ia mendaftar  secara on line di penghujung waktu pendaftaran. Ia juga harus cepat menyiapkan berkas lamaran dan harus bersaing ketat dengan ribuan pelamar dari berbagai daerah.

“Allah SWT telah melapangkan jalan saya, karena ahirnya saya diterima menjadi petugas haji bersama 2 orang kolega dari kantor kami,” kata H. Isya kepada BantenTribun di tempat kediamannya, Sabtu(7/10).

Pegawai Bidang Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama Provinsi Banten ini menceritakan, setelah  mendapat tugas sebagai ketua Kloter 60 Kabupaten Lebak, hal pertama yang dilakukannya adalah membangun soliditas team petugas yang tergabung dalam kloter ini. Menurutnya, hal itu sangat penting sebagai langkah awal menjalankan tugas dan kewajiban yang sudah diamanatkan.

Selain itu, kunci keberhasilan melaksanakan tugas pekerjaan sebagai ketua kloter, menurutnya, adalah menguasai karakter jamaah, mengenalnya dengan baik dengan terus membangun komunikasi, serta memahami management dan penguasaan berbagai masalah.

“Tapi yang terpenting dari semua itu adalah niat tulus untuk melayani jamaah dalam melaksanakan ibadah haji, hilangkan  godaan untuk ikut  melaksanakan ibadah haji dengan  memanfaatkan tugas pekerjaan,  itu kunci pokoknya,” terang Isya.

Lebih jauh, Isya memaparkan, meskipun tidak ada ketentuan yang membatasi bagi petugas kloter ikut melaksanakan ibahadah haji, namun jika petugas itu sudah  berhaji, rasanya jauh lebih baik, karena petuga bisa fokus menjalankan tugas pekerjaan, tanpa tergoda untuk ikut berhaji yang pada akhirnya bisa terbengkalai memenuhi kewajiban sebagai petugas yang sudah dibiayai negara.

“Ada waktu-waktu longgar jika petugas ingin melaksanakan ibadah juga, misalnya diwaktu-waktu jamaah sedang istirahat di hotel. Asal fisik kuat, Insya Allah bisa,” katanya.

Disinggung atas prestasinya yang meraih penghargaan sebagai ketua kloter JKG terbaik, H.Isya mengakatakan  tidak pernah bermimpi apalagi mengharapkan. Bahkan ia sendiri baru tahu kalau ada reward semacam itu. Baginya, dengan berusaha untuk terus melayani dan adanya pengakuan “rasa aman –nyaman dan merasa diperhatikan” dari jamaah yang dipimpinnya saja sudah cukup.

“Apalagi di kloter 60  asal Kabupaten Lebak itu, terdapat 87 jamah yang tergolong lansia, 30 diantaranya masuk lansia sangat riskan dan butuh perhatian ekstra,” jelasnya.

Kloter 60 ini, memberangkatkan sebanyak 388 jamaah haji dan 5 petugas pendamping. Terdapat satu orang jamaah haji  di kloter 60 yang meninggal dunia.

Seperti diketahui,  Kloter JKG Embarkasi Pondok Gede Jakarta, meliputi Provinsi Banten sebanyak 24 kloter, Provinsi Lampung 21 kloter, dan DKI Jakarta sebanyak 18 kloter.  Musim haji 1438 H ini, Embarkasi JKG memberangkatkan 8.173 jemaah asal DKI Jakarta, 9.555 jemaah asal Banten, dan 7.108 jemaah asal Lampung.*(kar)

 

   BIODATA     

 

Nama Lengkap

Nama Istri

Anak

: H.Isya Bin Awam

 

: Hj. E. Nuraeni (PNS Kemenag Kantor Kab. Pandeglang)

: 1. Indah Parawansa (12 )

  2. Muhammad Zamzami Isya (8)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here