Gerdal PHT, Kunci Tingkatkan Produksi Kakao di Pandeglang

Gerdal PHT
Salahsatu kegiatan Gerdal PHT yang digelar oleh Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Pandeglang

Gerakan Pengendalian Hama Terpadu (Gerdal PHT) menjadi kunci utama untuk meningkatkan produksi Kakao di Pandeglang selain dukungan rehabilitasi, peremajaan dan intesifikasi.

BantenTribun.id- Peningkatan Produksi Kakao menjadi salahsatu target kinerja yang ditetapkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang. Hal itu sesuai dengan apa yang tertuang dalam Rencana Strategis OPD tersebut dimana produksi Kakao diharapkan dapat meningkat sebanyak 2 persen per tahun.

Tidak mudah untuk mencapai target produksi sebesar itu, pasalnya berbagai hambatan tengah di hadapai oleh Dinas Pertanian utamanya Bidang Perkebunan dalam peningkatan produksi Kakao.

Banyaknya tanaman tua, kurang intensifnya budidaya yang dilakukan petani serta massif dan variatifnya serangan hama membuat laju produksi kian hari kian melambat.

TB. Asep Mahpudin
TB. Asep Mahpudin, Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan

Tb. Asep Mahpudin, Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan, pada Dinas Pertanian Pandeglang mengaku serangan hama menjadi faktor utama menurunnya produksi kakao.

Serangan hama Kakao tiap tahun makin tinggi intensitasnya, wajar produksi Kakao turun. Makanya kami terus lakukan gerakan pengendalian hama terpadu (Gerdal PHT) dengan petani” ungkap Asep.

Asep menambahkan Gerdal PHT adalah solusi praktis untuk menurunkan serangan OPT pada tanaman Kakao.

Kami sadar, beberapa tahun lalu fokusnya hanya pada peningkatan kemampuan petani lewat Sekolah Lapang, hal itu kurang efektif bila tidak didukung dengan tindakan nyata lewat Gerakan Pengendalian Hama Terpadu (Gerdal PHT). Tambah Asep.

Menurut Kasi yang murah senyum itu, Gerdal PHT sejatinya langkah konkret mengendalikan hama dan penyakit lewat manipulasi agroekosistem sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan hama.

Dengan makin masifnya Gerdal PHT yang dilakukan bersama petani Kakao, diharapkan, laju serangan hama makin melambat, selain itu kemampuan dan kemauan petani dalam mengendalikan hama juga meningkat, karena mendapat bimbingan langsung dari petugas Bidang Perkebunan baik dari Dinas Pertanian Pandeglang maupun Provinsi Banten.” kata Asep.

Kabid Perkebunan
Onah, S.TP, MM Kabid Perkebunan Distan Pandeglang

Onah, S.TP.,MM, Kabid Perkebunan yang ditemui BantenTribun dalam kesempatan berbeda mengakui bila Gerdal PHT menjadi salahsatu fokus kegiatan bidangnya di tahun ini.

Ia berharap adanya Gerdal PHT membuat petani Kakao makin bersemangat merawat tanamannya.

Lewat Gerdal PHT, kedepan kami berharap petani makin intensif merawat tanaman Kakaonya. Saya juga berharap Gerakan Pengendalian Hama Terpadu kakao ini nantinya didukung dengan program rehabilitasi dan intensifikasi agar Produksi bisa naik signifikan.” ungkap Onah.

Satu dari Tiga Kepala Bidang Perempuan di Dinas Pertanian itu mengaku beberapa lokasi sentra Kakao telah menjadi target Gerdal PHT tahun ini, diantaranya Kecamatan Carita, Mandalawangi, Pulosari dan Panimbang. (Kar / Advertorial Dinas Pertanian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.