Gara-gara Swedia, Belanda dan Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia

76
gara-gara swedia italia dan belanda gagal tampil di piala dunia
Italia gagal tampil di piala dunia tahun depan yang akan digelar di Rusia. foto @gianluigibuffon

Tim Biru Kuning Swedia berhasil menjadi jagal untuk dua tim dengan nama besar di kancah sepakbola dunia. Belanda dan Italia gagal tampil di gelaran piala dunia yang akan berlangsung di Rusia tahun depan.

Pandeglang, BantenTribun.id- Belanda dan Italia bakal menjadi penonton dalam gelaran Piala Dunia 2018 yang digelar di negeri Beruang Putih, Rusia. Swedia berhasil menjegal kedua tim itu baik saat babak penyisihan maupun di laga Play off yang memperebutkan jatah sisa untuk Benua eropa.

Der Orange gagal lolos ke piala dunia karena kalah dalam selisih gol dengan Swedia, sementara tim azzuri italia dijegal oleh negara yang sama dalam babak Play Off.

Belanda Gagal di Penyisihan

Bagi belanda hasil it mengulang sejarah kelam saat gagal tampil di Piala Dunia Korea-Jepang tahun 2002. Padahal kala itu Tim asal negeri kincir angin dipenuhi mega bintang dunia, seperti mantan striker Real Madrid dan Manchester United Ruud van Nisterlooy,  eks striker Ajax dan Barcelona Pattrick Kluivert, gelandang tenaga kuda Edgar Davids hingga kiper jangkung yang sulit di jebol lawan, Edwin van Der Saar.

Pun demikian untuk sesi piala dunia tahun depan, Aarjen Roben dan kawan-kawan kalah bersaing dengan Prancis dan tim Blagult, Swedia .

Bergabung di Grup A, tim asal negeri kincir angin hanya mampu bertengger di posisi ke-3 , selisih 4 poin dengan pemuncak klasemen yang ditempati Les Blues Prancis dan dibawah Swedia. Meski Poin Swedia dan Belanda sama-sama 19, namun anak asuh Dick Advocaat kalah dalam selisih gol.

Sebagai runner-up, Swedia berhak bertarung di babak Play Off dan bertanding melawan Italia sebagai penghuni nomor dua di grup G zona eropa.

Italia Absen

Tim nasional Italia untuk untuk kedua kalinya absen dalam gelaran piala dunia. Sejak tahun 1930

Hingga 2014, tim dari negeri Pizza hanya sekali absen dalam gelaran piala dunia. Italia tak berpartisipasi di piala dunia yang digelar pada tahun 1958.

Italia termasuk tim yang sering diperhitungkan dalam kompetisi empat tahunan itu, bahkan pada tahun 2006 tim yang kala itu dipimpin kapten Fabio Cannavaro berhasil menjadi juara. Gelar itu sekaligus melengkapi tiga tropi lainnya yang diraih pada tahun 1934, 1938 dan tahun 1982.

Keggagalan Italia tampil di Rusia diawali dengan kekalahan 0-1 dalam laga pertama babak play off yang digelar di Swedia.

Sementara bermain sebagai tuan rumah, tim yang dibesut Giampiero Ventura hanya mampu bermain imbang 0-0 pada laga kedua yang dihelat di San Siro, Selasa (14/11). Swedia unggul agregat 1-0 atas Italia.

Hasil itu memaksa  Buffon dan kawan-kawan mengubur mimpi tampil di Rusia. Bagi Buffon, keggalan ini membuatnya gagal merengkuh asa untuk tampil terakhir kali  sebelum masa pensiun di sepakbola tiba.  (ajat s)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here