Fakta Mengejutkan Guatemala, Negara Miskin “Sekutu Berat” Israel

363
masalahgengkriminaldiguatemala@for the poor
masalah geng kriminal di guatemala@for the poor

Fakta mengejutkan tentang Guatemala, negara miskin yang menjadi  sekutu berat alias sahabat sejati Israel, ternyata menjadi negara paling menakutkan di Benua Amerika. semua kejahatan banyak terjadi di siang bolong di negeri ini. Pencurian mobil, pemerkosaan di siang hari, perampokan bersenjata api, atau polisi palsu yang tiba-tiba berjualan narkoba.

Pandeglang,BantenTribun.id—Negara yang menjadi  surga bagi kartel narkoba ini, menyita perhatian dunia ketika negara anggota PBB mengambil voting soal Yerusalem. Guatemala, menjadi satu dari sedikit negara yang menyetujui klaim Amerika Serikat, soal Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Negeri penghasil kopi terbesar dunia sekaligus sebagai negara miskin di Amerika Tengah itupun menegaskan keputusannya, setelah Presiden mereka, Jimmy Morales mengeluarkan perintah untuk memindahkan kedutaan negaranya di Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Mengutip laman listverse, berikut 7 fakta soal Guatemala yang mengejutkan dan mungkin belum banyak  diketahui :

 Kartel Narkoba Berkuasa

Negara ini bisa dibilang menjadi surga kartel narkoba. Penjual kokain dan mariyuana masih berkeliaran di jalanan.

Otoritas negaranya Presiden Morales itu memang telah menggulung sejumlah gang narkoba kelas kakap, tapi kartel-kartel besar lainnya masih beroperasi. Masih ada gang narkoba keji seperti MS-13 atau Sinaloa asal Meksiko.

Korupsi Tinggi

Sebagai negara miskin, angka korupsi di produsen kopi ini sangat tinggi. Bekas presiden negara ini, Otto Perez Molina, terlibat dalam skandal suap dan korupsi.

Pembantaian Etnis

Kasus pembantaian etnis besar-besaran pernah terjadi di negara suku Maya ini.

Antara tahun 1981-1983, sebanyak 200.000 anggota suku Maya asli diburu, lantaran dicap melakukan tindakan kriminal dan dianggap ikut paham komunis.

Sebuah pasukan pemburu berkeliaran memburu mereka, dan tak segan langsung membunuh.

Pasukan ini ditengarai mendapat pasokan senjata dari pemerintah Amerika Serikat.

Diobok-obok Amerika

Amerika sempat mengintervensi negara miskin ini di tahun 1980-an dengan alasan melawan paham komunis.Amerika pun mempersenjatai sejumlah orang yang ingin mengkudeta pemerintah resmi.Negara pun akhirnya kisruh, dan terjadi perang saudara.

Negara Tua

Bangsa ini sesungguhnya merupakan bangsa tua. Daerah yang bernama Guatemala itu telah dihuni sejak 20.000 tahun yang lampau.Banyaknya artefak dan peninggalan prasejarah Suku Maya jadi bukti.

Mereka sudah mengenal kalender dan waktu jauh di masa prasejarah.Sayang, bangsa yang dulu besar ini kini mengalami kemunduran. Setelah pelaut Spanyol datang, bangsa ini selalu berperang satu sama lain.

Orang Spanyol menganggap suku Maya asli sebagai budak.Hal ini pun sampai sekarang masih terjadi.Orang keturunan Spanyol ada di kasta hidup tinggi, sementara suku primitif malah di kasta rendah.

Perang Saudara

Guatemala adalah nama lain untuk perang saudara.Konflik seakan tak pernah ada habisnya.Sebanyak 200.000 orang di negara yang yang pernah mengalami petaka lubang raksasa itu disebut tewas, sejak perang saudara berkecamuk dari tahun 1960 sampai 1996.Isu terbesar perang saudara adalah perang antara pro dan anti paham komunis.

Lubang Raksasa

Lubang besar di Guatemala@ Listverse
Lubang besar di Guatemala@ Listverse

Salah satu fenomena alam dahsyat yang terjadi adalah munculnya petaka lubang raksasa di tengah kota Guatemala City.

Peristiwa ini terjadi pada 30 Mei 2010. Lubang ini berdiameter 18 meter.Dalamnya, kira-kira sama dengan bangunan 30 lantai.Sebuah gedung 3 lantai dan sebuah rumah lenyap ditelan lubang ini.Satu orang meninggal dunia.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here