Empal Asem Ibu Nur, Rasa Lezatnya Empal Paduan Blimbing Wuluh

Rumah makan Ibu Nur, selalu padat pengunjung (bantenTribun)
Rumah makan Ibu Nur, selalu padat pengunjung (bantenTribun)

Empal Asem Ibu Nur, varian lain empal gentong yang sudah fenomenal sebagai kuliner khas Cirebon ini patut dicoba. Empal ini dipadukan dengan Blimbing Wuluh, sebagai penghasil rasa asemnya.Kuliner khas berbahan dasar daging dan jeroan sapi ini, begitu lezat dengan harga tak membuat sekarat.

Cirebon, BantenTribun.id– Bertandang ke Kota Udang Cirebon, rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas kota ini. Selain bisa mencoba Empal Gentong, kita juga patut mencoba Empal Asem, salah satu varian empal lainnya yang tidak kalah nikmat.

Salah satu rumah makan yang cukup terkenal akan kenikmatannya dalam racikan kuliner Empal Asem adalah Rumah Makan Ibu Nur. Di Rumah Makan ini, 2 varian empal yang populer itu tersedia. Lokasi Rumah Makan Ibu Nur, berada di Jl. Cangkring II Nomor 45, Kelurahan Kejaksan, Kota Cirebon. Lokasi ini sebenarnya tidak jauh dari Grage Mall.

Bagi masyarakat Cirebon, khususnya para pecinta kuliner, Empal Asem atau Empal Gentong, sudah tidak asing lagi ditelinga. Cita rasa Empal Asem dan Gentong Ibu Nur yang ditawarkan betul-betul menggugah selera. Penasaran, BantenTribun sengaja bertandang disaat jam makan siang, karena 2 kali kunjungan sore dan malam sebelumnya kehabisan.

Rumah Makan Ibu Nur, masuk sekitar 100 meter dari jalan utama, Jalan Kartini. Di lokasi ini  terdapat 2 bangunan terpisah, dan saling berhadapan. Satu tempat untuk kuliner khusus nasi jamblang, dan satu lagi untuk Empal Asem dan Gentong serta sate kambing muda.

Ramainya pengunjung yang bertandang, membuat pemilik rumah makan menyediakan lahan parkir tambahan yang cukup luas. Jangan khawatir pula, diujung jalan, petugas rumah makan  membantu kendaraan pengunjung keluar-masuk.

Berbeda dengan empal gentong yang menggunakan santan kelapa, Empal Asem disajikan dengan kuah bening yang lengkap dengan irisan daging yang melimpah, daun Kucai, daun bawang, belimbing wuluh dan tomat. Kuahnya bening dan terlihat masih mengepul, menyampaikan harumnya racikan kuliner khas.

Empal Asem Ibu Nur, kuliner khas Cirebon paduan blimbing wuluh
Empal Asem Ibu Nur, kuliner khas Cirebon paduan blimbing wuluh

Saat kita menyeruput kuahnya, hmmm….bumbu rempahnya terasa ringan, gurih, asem dan menyegarkan. Sedangkan untuk isiannya, kita bisa memilih daging saja atau dicampur jeroan yang bisa dinikmati dengan nasi putih atau lontong.

Taburan bawang gorengnya semakin menambah rasa gurih. Tekstur dagingnya cukup lembut, dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Bagi yang doyan pedas, bisa ditambahkan sambal hijau untuk mendapatkan rasa pedas yang mampu membangkitkan nafsu makan.

Empal Asem juga dapat dihidangkan dengan sate kambing, kerupuk kulit, emping, nasi atau lontong dan menu pelengkap lainnya.

Rumah makan ini selalu ramai pengunjung, apalagi pada saat jam makan tiba, jadi ada baiknya datang jangan bertepatan dengan jam makan. selain menghindari mengantri terlalu lama, kita juga bisa menikmati sajiannya dengan lebih santai.(kar)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.