Durian Si Radio, Komoditas Unggul Rasanya Juara

420
Durian Si Radio, Komoditas Unggul Rasanya Juara
Durian si Radio foto: BantenTribun

Pandeglang, BantenTribun.id- Durian si radio Pandeglang Banten, merupakan jenis durian unggul asli kota badak. Cita rasanya juara, terbukti dengan sabetan gelar durian terbaik se Provinsi Banten yang diraihnya pada kontes durian lokal di festival durian Banten tahun 2015.

Kabupaten Pandeglang, merupakan surga durian di Banten. Beberapa jenis durian, seperti si seupah, si bintang, si koclak, si jabrig serta si radio memiliki cita rasa unggul dan khas. Tak heran bila kini banyak yang berusaha memperbanyak jenis-jenis durian tersebut baik di dalam maupun luar daerah.

Khusus si radio, durian yang pada tahun 2010 juga pernah menjuarai kontes durian di Pandeglang ini memiliki cita rasa yang khas, rasanya manis, daging buahnya tebal dan baunya tidak terlalu menyengat.

Lokasi pohon dan penjual Durian Si Radio

Pohon durian ini berada di Kp. Bojong Kelor, Desa Tapos Kecamatan Cadasari. Sementara bila anda ingin cepat  menikmatinya, anda bisa datang ke lapak pemiliknya yang berlokasi di Jl. Raya Pandeglang Kp. Gayam Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang-Banten. Letaknya persis di pinggir jalan raya dan tak jauh dari tempat pohonnya berasal.

Durian Si Radio, Komoditas Unggul Rasanya Juara

Bila dari Jakarta, anda bisa keluar tol serang timur kemudian ke arah Pandeglang. Kurang lebih 20 menit dari tol serang – bila jalanan lancar, anda bisa tiba di lapak sang pemilik H. Ahmad. Letaknya sebelah kanan bila dari serang, dan sebelah kiri dari arah Pandeglang.

Tak jauh dari lokasi ini juga banyak lapak durian lain yang tak kalah mentereng, salahsatunya adalah Durian Jatohan H. Arif. Namun bila ingin menikmati sensasi rasa si radio, lapak H. Ahmad lah tempatnya.

Durian Si Radio, Komoditas Unggul Rasanya Juara
Piala dan piagam penghargaan yang diraih durian si radio

Tiba di lokasi, anda akan melihat beberapa tempat duduk (amben) untuk menikmati buah durian.  Selain itu di dinding lapak, terpampang pemandangan dua piala, piagam penghargaan dan foto saat sang pemilik menerima hadiah juara dari kontes yang diikutinya.

Sayangnya ketika BantenTribun.id berkunjung ke tempat ini pada hari Kamis (29/9/2017) belum banyak durian unggul ini yang bisa dipanen, karena ini masih buah awal dan belum masuk ke puncak panen. Kendati begitu, tim BantenTribun masih beruntung karena masih bisa menikmati beberapa butir durian unggul rasa juara ini. (red)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here