Durian Si Honje, Legitnya Jawara Kontes Asli Pandeglang

Durian Si Honje
Durian si honje Asli Pandeglang, Jawara kontes rasanya sensasional

Durian Si Honje melengkapi gelar Pandeglang sebagai kota Durian, Jawara kontes Durian lokal itu berpotensi menjadi pesaing pendahulunya yang duluan tenar. Sensasi rasanya yang WOW so pasti bakal ngangenin penikmatnya

 

BantenTribun.id- Harus diakui bila Pandeglang adalah surganya Durian di ujung barat pulau Jawa. Banyak yang mengklaim bila “Si Raja Buah” asli Kota Badak itu memiliki sensasi rasa yang bikin kangen lidah penikmatnya.

Beberapa jenis dari buah yang menjadi komoditas unggul di kota itu bahkan sudah banyak dikenal oleh pecintanya di seluruh Indonesia. Sebut saja Si Seupah, dan Si Radio. Dua nama itu sudah dirilis oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dua nama lagi bahkan lebih sensasional, ia adalah Si Wong yang menjadi juara favorit kontes tingkat nasional tahun 2016 dan si Bintang dari Cadasari yang menjadi jawara kontes tingkat nasional di tahun 2017.

Hanya, bagi anda Durian Lovers, janganlah kaget bila harga empat nama itu kini tidaklah murah. Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam sebab harga satu butirnya saja bahkan ada yang mencapai Rp. 400,000.

durian pandeglang
Si Bintang dan Si Wong harganya “melangit”

Namun harga itu tentu masihlah pantas bila dibanding dengan rasanya yang ajib, lagi pula mereka tidak bisa ditemui setiap hari. Jenis-jenis buah unggul itu bahkan belum tentu hadir setiap tahun, semua tergantung musim.

Durian si Honje

Selain Si Seupah, Si Radio, Si Bintang dan Si Wong,  Pandeglang ternyata masih punya satu nama lagi yang bahkan rasanya-bagi beberapa orang lebih nikmat dibanding pendahulunya.

Namanya Durian si Honje, Asli Kecamatan Majasari dan tampil sebagai jawara di kontes durian yang digelar di Alun-Alun Pandeglang (4/2/2018).

Penasaran, BantenTribun pun berhasil mendapatkan buah yang konon tidak ada dalam hadits nabi itu langsung dari penjualnya di sekitaran Saruni, Majasari Pandeglang.

Bentuk buahnya memang tidak terlalu besar, namun mudah di belah. Sensasi dagingnya wow, mantap nian. Rasanya legit dengan komposisi yang pas antara manis dan wangi khas yang keluar.

Berdasarkan perhitungan dari Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten, Durian si Honje memiliki Edible Portion (Porsi yang bisa dimakan) mencapai 28.9 % dari setiap bijinya.

Hampir Ditebang

Berdasarkan penuturan pemilikinya, pohon si Honje yang konon telah berumur 70 tahun itu nyaris di tebang karena produktivitasnya yang dianggap mulai menurun.

Anehnya anggapan sang pemilik itu ternyata terbantah di tahun 2018 ini. Pohon tua itu ternyata mampu berproduksi lebih dari 400 butir di awal tahun.

Atas Izin sang pemilik, si honje pun bisa ikut serta dalam kontes yang di motori oleh Dinas Pertanian Pandeglang setelah 8 tahun vakum.

Akhirnya bisa ditebak, Durian Si Honje pun resmi menjadi juara pertama setelah rasanya dites oleh juri dari Kementerian Pertanian, Pengusaha Durian, BPTP Banten dan Pejabat di Dinas Pertanian Pandeglang.

Buat anda yang suka sensasi rasa si raja buah yang khas itu, jangan khawatir harga si Honje belum semahal Si Bintang dan Si Wong, hanya saja stok nya sudah mulai menipis.

Anda penasaran? Datang saja ke tempat penjualnya di Saruni, Majasari Pandeglang, persis di depan Klinik Bersalin Permata Bunda dan tak jauh dari pintu gerbang Komplek Saruni Permai. (aji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.