Curug Putri Destinasi Wisata “Little Green Canyon-nya” Banten

435
curug putri (BantenTribun)
Memasuki Curug Putri Pandeglang ( foto-BantenTribun)

Tidak mesti terbang ke Colorado Amerika Serikat sana untuk menikmati keindahan Grand Canyon. Datang saja ke Pandeglang Banten, yang punya keelokan curug dan aliran sungainya, melewati apitan tebing batu. Karena kemiripin itu pula, destinasi itu mendapat julukan “Little Green Canyon-nya”Banten. Julukan plesetan dari Grand Canyon tadi.

Pandeglang, BantenTribun.id– Curug Putri ini terletak tidak jauh dari Curug Gendang, di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura ). Sebuah lokasi yang tidak jauh dari pantai KarangSari Carita Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Route untuk mengunjungi Curug Putri ini, jika datang dari arah Pantai Anyer atau Labuan, juga sama persis. Namun, kali ini BantenTribun, mencoba menggunakan jalur alternatif, yakni melewati jalan Kampung Susukan Desa Sukarame. Jalur ini terasa lebih dekat dibanding melewati jalur utama Tahura.

Melewati jalur perkampungan Susukan ini, merupakan trek yang biasa digunakan masyarakat sekitar yang membuka usaha warung di titik ahir menuju curug. Jangan kaget, jika jalur ini hanya berupa jalan tanah setapak dan terasa licin jika habis diguyur hujan.

Trek jalur kampung
Trek jalur kampung susukan menuju Curug Putri (foto-BantenTribun)

Bagi pengunjung yang belum pernah bertandang ke curug, disarankan tetap menggunakan jalur utama, dengan memasuki gapura gerbang Tahura. Sebab, trek menuju curug dengan menggunakan jalur utama ini, sebagian jalannya sudah dibeton. Tapi jika menggunakan ojek, jalur kampung ini juga bisa dilalui. Ongkosnya sekitar Rp25.000-Rp30,000, sekali trip.

Dengan menyusuri pematang sungai kearah hulu dari sungai yang mengaliri Curug Gendang, hanya dibutuhkan beberapa menit saja. Perjalanan akan menyeberangi sungai yang mengaliri Curug Gendang dan mendapati aliran sungai yang berbeda.

Area dalam pertama CurugPutri (BantenTribun)
Area dalam pertama CurugPutri (BantenTribun)

Nah, dengan menelusuri sungai ini ke arah hulu maka kita akan tiba di lokasi Curug Putri tersebut. Sebuah curug yang sering disebut-sebut “Green Canyon kecilnya” Banten. Curug yang mengundang decak kagum, sekaligus bisa mengobati keletihan selama menempuh perjalanan  dalam seketika.

Jangan lupa, mengunjungi Curug Putri, kita memerlukan pakaian pengganti. Sebab bisa dipastikan, pengunjung yang datang ke tempat ini, akan tergoda untuk bermain basah-basahan. Menyusuri aliran sungai dan mengamati tebing batu yang mengapitnya, serta menikmati cipratan jatuhnya air dari ketinggian, wow.!

Bagi pengunjung yang membawa kamera atau handphone sebaiknya dilengkapi dengan plastik anti air. Ini untuk menjaga agar barang tersebut tidak rusak, karena kita akan terendam air sungai minimal sedalam leher. Kamera yang disarankan Go pro atau yang tahan air.

Memasuki rea akhir curug putri
Memasuki rea akhir curug putri

Semakin dekat dengan lokasi Curug Putri, di kanan dan kiri sungai yang kita lalui, merupakan dinding batu setinggi kurang lebih 5-7 meter. Anda akan basah karena terdapat rintikan air yang jatuh dari atas dan melewati dinding batu tersebut.

Petualangan kita tidak sampai disitu saja. Perjalanan menjadi semakin menarik dan menantang, karena ada 2 bagian sungai yang cukup dalam dimana untuk melewatinya, kita harus menggunakan pelampung yang disediakan oleh petugas.

Dengan menggunakan pelampung, kita akan berpegangan dengan tali tambang yang ditarik oleh petugas atau pemandu tadi, sekitar 5 sampai 7 meter. Siap siap pegang tali yang erat jika tidak ingin terlepas.

Spot tebing curug putri (bantenTribun)
Spot tebing curug putri (bantenTribun)

Bagian dalam yang ke 2 cukup jauh yaitu sekitar 10-15 meter. Untuk kali ini alat bantu yang digunakan adalah pelampung berupa ban dalam mobil ukuran sedang.

Kita akan berpegangan dengan pelampung atau ban tersebut, dan petugas akan menariknya. Semakin mendekati tujuan, suhu sekitar akan terasa bertambah dingin karena kondisi basah serta percikan air serta udara yang sejuk.

Semakin dekat dengan lokasi Curug Putri, dinding batu di kedua sisi sungai akan semakin menyempit hingga se-ukuran lorong yang berkelok menyempit, tapi masih cukup dilalui oleh dua-tiga orang.

Dasar sungai dilokasi ini merupakan batu yang sama dengan dinding dan sangat nyaman bersentuhan dengan kulit kaki.

Ujung perjalanan petualang kita, akan menemukan Curug Putri. Dimana ujung sungai ini adalah Curug Putri itu sendiri. Sebuah tempat alami yang sangat eksotis  dan menjadi petualangan alam yang berkesan.

Jadi, jangan ragu, buktikan saja dengan bertandang ke Curug Putri, yang mendapat julukan The Little Green Canyon-nya Banten. Sebuah destinasi wisata yang “bertetanggaan” dengan pesona keindahan Pantai Carita Pandeglang.*(kar).

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here