Cegah Obesitas Dengan Konsumsi Lada Hitam

lada hitam cegah obesitas

 

Sebuah penelitian menunjukan ternyata lada hitam mampu mencegah obesitas secara signifikan.

Pandeglang, BantenTribun.id- Setiap Orang tentu tak ingin mengalami kegemukan yang berlebih akibat timbunan lemak di bebagai bagian tubuhnya.

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menjaga tubuhnya tetap dalam kondisi yang ideal.

Berbagai metode olahraga dan diet kerap menjadi favorit untuk dicoba. Sayangnya sering menemui kegagalan karena kurang konsisten alias “istiqomah.”

Baru-baru ini sebuah penelitian di India menemukan bahwa lada hitam ternyata mampu mengurangi kegemukan.

Kandungan Piperonal dalam rempah tersebut di sinyalir mampu mengurangi kandungan lemak dalam tubuh secara signifikan.

Hal tersebut ditemukan oleh peneliti dari Universitas Sri Venkateswara India setealh mereka melakukan percobaan pada tikus gemuk yang diberi makanan sarat kandungan lemak dalam waktu 22 minggu.

Kemudian periset mencoba mengekstraksi biji lada hitam yang mengandung Piperonal itu dan dicampur kedalam makanan tikus 6 minggu sebelum waktu percobaan usai.

Hasilnya cukup menakjubkan. Tikus yang diberi perlakuan dengan ekstraksi lada hitam itu ternyata memiliki tubuh yang lebih ramping. Kepadatan mineral tulangnya juga lebih baik dibanding tikus yang tidak diberi perlakuan yang sama.

Tikus yang diberi konsumsi ekstrak lada hitam itu ternyata juga memiliki kadar glukosa dalam tubuh yang lebih rendah.

“Hasil dari riset ini telah menunjukan pada kita bila kandungan piperonal dalam lada hitam cukup manjur sebagai agen anti obesitas.” Ucap periset. Seperti dilansir dari media Inggris Dailymail.

Mereka juga menganjurkan agar cara tradisional ini untuk dicoba oleh mereka yang mengalami kegemukan.

Obesitas dan Faktor Genetik

Faktor genetik ternyata memberi dampak yang signifikan terhadap penderita obesitas.

Sebuah penelitian oleh Imperial College London menemukan bila 30 persen kasus kegemukan pada anak-anak dipengaruhi oleh faktor genetik.

Riset yang hasil akhirnya di publikasikan dalam jurnal Natural Genetics itu menemukan bila orangtua yang mengalami kegemukan akan menurun pada anaknya.

Studi baru itu menggunakan sekuensing genom dan menemukan bila ada satu gen spesifik yang bisa menurunkan kegemukan Adenilat Siklase 3 (ADCY2).

Gen itu terkait dengan kelainan yang berkaitan dengan pengendalian nafsu makan, diabetes hingga kelainan dalam indera penciuman.

Namun terlepas apakah obesitas itu keturunan atau akibat pola hidup yang buruk, namun mengkonsumsi lada hitam sesuai hasil penelitian di atas layak di perdalam lebih lanjut. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here