Pulau Liwungan, Begini Cara Berkunjung dan Menikmatinya

726
Pulau Liwungan, Pandeglang, Banten
Perahu motor nelayan yang setia mengantarkan pengunjung ke pulau liwungan -Pandegalang-Banten

Pandeglang-BantenTribun.id- Bagi pecinta traveling, berkunjung ke pulau yang eksotis, air lautnya jernih nan alami merupakan sebuah anugerah. Terlebih, bila dalam perjalanannya melewati pemandangan yang indah dan tantangan yang seru.

Liwungan setidaknya telah memenuhi kriteria itu. Nuansa naturalnya kerasa banget. Airnya juga belum tercemar,  layaklah buat yang suka nyebur dan berenang ria.

‘Tarian’ ikan-ikan kecil  terlihat dengan kasat mata. Selain itu, pasir pantainya yang putih bisa dipastikan dapat memanjakan langkah kaki berjalan.

Pulau Liwungan, Pandeglang, Banten
pasir putih di Pulau Liwungan Kabupaten Pandeglang

Luas Pulau Liwungan kurang lebih hanya sekitar 25 hektar. Secara administratif berada dalam wilayah Kabupaten Pandeglang. Tepatnya berada di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang.

Cara menuju ke pulau Liwungan cukup mudah. Bila dari Jakarta, anda bisa keluar tol Serang Timur  menuju arah Pandeglang. Kurang lebih 2 jam 30 men (kondisit normal) anda sudah tiba di Liwungan. Dua jam adalah waktu tempuh dari pintu tol Serang Timur ke tempat penyeberangan di Citeureup, dan 30 menit adalah waktu tempuh perahu motor dari dermaga Citereup ke Liwungan.

Harga sewa perahu motor berkisar antara 800-900 ribu rupiah pulang pergi. Perahu berkapasitas kurang lebih 10 orang. Harga sewa bisa turun bila anda ahli dalam tawar-menawar.  Sementara untuk tiket masuk ke Liwungan, per orang dikenai Rp. 10,000.

Selama perjalanan, deburan ombak dan desir angin setia menemani. Bagi yang tak tahan angin laut, sebaiknya pake jaket atau pelindung angin lainnya.

Bila sudah sampai ke tempat tujuan, selain berenang anda bisa menikmati indahnya Liwungan dengan cara-cara berikut:

Naik Banana Boat

Salahsatu fasilitas yang bisa di coba di spot wisata ini adalah Banana Boat. Karena baru ada satu, budaya antri bin sabar wajib adanya. Safety juga di jaga banget oleh penyedia. Setiap yang naik wajib mengenakan pelampung.  Bagi yang belum bisa berenang jangan khawatir, acara cebur-ceburan biasanya terjadi ditempat yang nggak dalem-dalem amat.

pulau liwunga, pandeglang, banten
Banan Boat siap memanjakan wisata anda di pulau liwungan

Mancing

Bagi anda “Mancing Mania” tak jauh dari tempat ini juga banyak spot-spot seru buat melempar kail. “Nakhoda” perahu motor dengan senang hati akan mengantar anda ketempat tujuan. Perhatikan jenis umpan kalo ngga  mau pulang dengan tangan kosong.

Bakar Ikan

Penjaga tempat ini membolehkan anda bakar ikan sendiri, baik hasil mancing atau hasil beli di pelelangan ikan. Syaratnya harus tetap jaga kebersihan. Terkait dengan konsumsi pendamping ikan, seperti sambal, saos, kecap dan nasi,  baiknya  dibawa sebelum menyebrang. Bisa bawa dari rumah, atau kalau ngga mau ribet, bisa beli di warung nasi yang banyak bertebaran di sepanjang perjalanan. Soalnya di tempat ini hanya ada satu buah warung kecil.

Sudah puas berenang, naik ‘perahu pisang’, mancing dan makan-makan? Jangan lupa jaga kebersihan, agar citra liwungan sebagai pulau eksotis yang bersih dan alami tetap lestari.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here