Buah Mahoni, Beragam Khasiat Kesehatan dibalik Pohon Kayu Keras

Buah Mahoni beragam khasiat kesehatan bagi tubuh(foto-BantenTribun)
Buah Mahoni, beragam khasiat kesehatan bagi tubuh (foto-BantenTribun)

Kandungan Saponin yang terdapat dalam  biji buah mahoni, menjadi obat alami yang ampuh bagi penderita diabetes mellitus. Namun, penggunaan biji mahoni tidak boleh berlebihan alias over dosis, agar terhindar dari bahaya efek samping.

Pandeglang, BantenTribun.id – Pohon Mahoni  (Swietenia macrophylla ),  cukup dikenal sebagai pohon yang  memiliki batang besar  dan kekar. Kayu pohon ini banyak dimanfaatkan berbagai keperluan bangunan dan meubeleur.  Namun, dibalik kerasnya batang pohon ini, buah Mahoni, ternyata banyak  memiliki kandungan khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Di banyak negara di mana mahoni tumbuh, biji mahoni biasanya digunakan sebagai obat herbal yang membantu memperbaiki sirkulasi darah, mengobati diabetes, dan menyembuhkan impotensi. Meski bukti ilmiah yang menegaskan khasiatnya sebagai obat herbal masih lemah, banyak orang yang mengaku sudah merasakan khasiat biji mahoni ini.

Dikutip dari Mediskus,  disebutkan kandungan biji Mahoni Setidaknya ada tiga kandungan bahan aktif dalam biji buah mahoni yang bermanfaat bagi kesehatan: flavonoid, saponin dan alkaloid.

 Flavonoid Flavonoid

Adalah senyawa fenolik yang banyak mengandung pigmen tumbuhan. Flavonoid bermanfaat bagi manusia terutama karena merupakan antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas dan racun serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Sifat anti-oksidasi yang ada dalam kandungan flavonoid menciptakan khasiat biji mahoni yang efektif untuk melawan berbagai penyakit, seperti penumpukan LDL, tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Flavonoid dapat memperlancar peredaran darah, membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan oleh kolesterol, dan mencegah arteriosklerosis. Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang mencegah peradangan jaringan. Flavonoid bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit saat terjadi cedera ringan.

Saponin

Saponin adalah glukosida yang membentuk busa sabun saat dicampur dengan air. Saponin ini adalah sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan memiliki sifat hipoglikemik bila dijadikan panganan. Kandungan saponin dari biji buah mahoni membuat nya menjadi obat alami yang ampuh bagi penderita diabetes mellitus. Meski saponin adalah sabun, tidak akan meracuni pada hewan berdarah panas saat tertelan, termasuk pada manusia.

Kandungan Saponin dalam Buah Mahoni, bisa untuk mengobati penyakit diabetes melitus (foto-BantenTribun)
Kandungan Saponin dalam Buah Mahoni, menjadi obat alami yang ampuh bagi penderita  Diabetes melitus (foto-BantenTribun)

Sebagai pengendali gula darah, biji mahoni bisa digunakan untuk mengobati diabetes atau kadar gula darah tinggi.  Dari Mediskus, disarankan  cukup mengkonsumsi  1/2 sendok teh bubuk mahoni dengan air hangat sebelum makan.  Cara ini bisa mengurangi dan menstabilkan gula darah. Zat saponin di mahoni, adalah yang paling berperan dalam membantu menurunkan kadar darah menjadi normal.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Smith et al dari Ekiti State University, Nigeria, dan diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat daripada obat anti diabetes generik, terutama metformin. Oleh karena itu kita bisa menyimpulkan salah satu khasiat biji mahoni yang terbukti adalah sebagai obat diabetes alami untuk mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal.

Selain membantu melawan diabetes, khasiat lain dari biji mahoni diantaranya: Penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menyatakan bahwa saponin mengandung efek anti-alergi dan antihistamin, membuat biji buah mahoni ini sebagai obat yang ampuh untuk berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan alergi, terutama asma.

Penelitian juga menunjukkan bahwa saponin berpotensi mengatasi disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes. Percobaan pada tikus telah menunjukkan bahwa pemberian saponin dosis tinggi pada tikus berhasil meningkatkan rasio tekanan intracavernous tikus itu. Banyak ramuan yang mengandung saponin, terutama ginseng, telah dikonsumsi secara teratur oleh pria untuk meningkatkan maskulinitasnya. Saponin adalah obat yang efektif untuk pembekuan darah dan insomnia.

Alkaloid

Telah umum diketahui bahwa kebanyakan penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh terlalu rendah atau asam. Segala sesuatu yang mencemari tubuh, termasuk racun dan radikal bebas, bersifat asam. Kandungan alkaloid biji buah mahoni efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam tersebut.

Mengonsumsi biji buah mahoni secara teratur akan membuat tubuh lebih kebal terhadap kanker, ditambah pula sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara signifikan.

Meski demikian, manfaat Khasiat Biji Mahoni untuk Kesehatan Penjelasan mengenai kandungan dan manfaat biji buah mahoni untuk hipertensi, pengendali gula darah, sembelit , nyeri haid,meningkatkan kesuburan wanita, penyembuh demam dan rematik serta eksim, bagaimanapun, masih terbatas pada konsep teoritis, dan sejauh ini, petunjuk yang menegaskan khasiat biji mahoni semata-mata didasarkan pada laporan anekdotal.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengklarifikasi efek menguntungkan dari biji mahoni ini dan juga efek sampingnya.

Nah, cara yang tepat adalah penggunaan biji mahoni tersebut jelas tidak boleh berlebihan alias over dosis, agar terhindar dari bahaya efek samping.*  (red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.