Bisnis Cuci Mobil Steam Pandeglang, Basah Saat Kemarau Kering di Musim Hujan

Bisnis cuci mobil steam hidrolik, kering saat hujan, basah dimusim kemarau( foto-BantenTribun)
Bisnis cuci mobil steam hidrolik di Hiper Car Wash Ciekek. Usaha ini  kering saat hujan, basah dimusim kemarau ( foto-kar-BantenTribun)

Usaha cuci mobil steam hidrolik di Pandeglang, memang sudah mulai banyak bermunculan. Bisnis yang lekat dengan tempat “basah” ini, justru ramai dikala musim kering dan  kering dimusim hujan.

Pandeglang,BantenTribun.id– Bisnis cuci mobil steam hidrolik,  memang mulai banyak bermunculan di Pandeglang. Usaha  cuci dengan hidrolik ini , menggeser tempat cucian mobil konvensional.

Namun, siapa sangka, ternyata usaha di jalur ini justru  mengalami ‘paceklik’ disaat musim hujan. Datangnya musim penghujan ternyata berdampak terhadap menurunnya omzet di tempat usaha cuci mobil.

“Kalau kemarau  ramai yang nyuci ke sini, tapi kalau  musim hujan mah sepi pak,” kata Sukin, pekerja pencucian  mobil steam hidrolik. Hiper Car Wash, di Ciekek, kepada BantenTribun, Kamis(12/4).

Menurut Sukin, selama musim penghujan, jumlah mobil yang datang ke tempatnya maksimal hanya sekitar 20-an unit saja. Padahal  jika kemarau,  jumlahnya bisa mencapai 60-70an unit perhari.

Sukin mengatakan pada umumnya, pemilik mobil cenderung malas mencuci kendaraannya saat musim hujan, karena khawatir setelah dicuci, akan kotor kembali saat melewati jalan yang becek.

“Kalau misal hari ini hujan tapi besoknya panas, orang  ramai pada mau nyuci. Tapi kalau sudah mendung dan hujan tiap hari jadi sepi.  Mungkin takut habis dicuci malah hujan kan,” jelas Sukin.

Tarif  cuci mobil di tempat ini Rp.35.000 per unit. Dari besaran itu, pekerja mendapat komisi Rp 10.000 per unit dan dibagikan setiap 2 minggu sekali.

“Dikasih uang makan juga perharinya  Rp 10.000, ya lumayan lah, kadang ada juga tips dari pemilik mobil, ” terangnya.

Ditempat ini, kata Sukin,  jumlah mobil yang dicuci setiap pekerja harus seimbang, agar penghasilannya juga bisa sama besar.

“Jam kerjanya  mulai pagi sampai jam 5 sore, sistemnya diaplus, yang penting jumlahnya seimbang,” katanya. (kar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.