Bertemu di Bekas Barak Kolonial Inggris, Ini Hasil Kesepakatan Trump dan Kim Jong Un

hasil kesepakatan Trump dan Kim Jong Un
hasil kesepakatan Trump dan Kim Jong Un

Hasil kesepakatan Trump dan Kim Jong Un, di pulau Sentosa Singapura menjadi tonggak sejarah baru dalam konstelasi ketegangan nuklir kedua negara

BantenTribun.id- Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un baru saja menggelar pertemuan bersejarah untuk kedua negara.

Betapa tidak, kedua pemimpin itu memulai babak baru dalam hubungan kedua negara yang kerap memanas selama 7 dekade.

Persoalannya satu, dimana Korea Utara yang dipimpin Kim, selama ini ‘keukeuh’ mengembangkan teknologi nuklir untuk persenjataan, sementara Amerika yang tak mau superioritasnya di goyah melakukan berbagai cara untuk menghambat proyek nuklir itu, salahsatunya dengan melakukan berbagai embargo.

Bertemu di Pulau Sentosa, tepatnya di Hotel Capella, sebuah hotel mewah yang dulunya bekas barak kolonial Inggris,  Trum dan Kim telah menandatangani sebuah kesepakatan, yang menjadi titik baru untuk hubungan kedua negara.

Dalam kesepakatan itu, Donald Trump berkomitmen untuk memberi jaminan keamanan pada Korea Utara, sementara tetangga Korea Selatan sepakat untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Trump menyatakan, ia dan Kim Jong Un berkomitmen terhadap ketentuan-ketentuan yang tertulis dalam naskah kesepakatan itu.

“ Hari ini adalah awal dari proses yang sulit. Mata kami terbuka lebar, tetapi kedamaian selalu sepadan dengan upaya yang dilakukan, terutama dalam kasus ini.” Ungkap Trump dilansir dari laman aljazeera.

Meski begitu, presiden kontroversial asal Amerika tetap memberalkukan sanksi  ekonomi untuk Korea Utara, hingga mereka berhasil membalikan program nuklirnya.

Ia juga menambahkan tentara Amerika yang jumlahnya sebanyak 28,500 personil di Korea Selatan belum akan diangkut pulang dalam jangka pendek.

Hasil Kesepakatan Trump dan Kim Jong Un

Selanjutnya, dilansir dari aljazeera, Trump dan Kim setidaknya menyepakati empat poin dalam pertemuan mereka di Singpapura itu, sebagai berikut:

  • AS dan Korea Utara akan melakukan hubungan yang lebih baik sesuai dengan keinginan rakyat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.
  • AS dan Korea Utara akan bergabung dalam upaya membangun perdamaian abadi dan stabil di semenanjung Korea.
  • Korea Utara berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi.
  • Kedua negara setuju untuk memulihkan dan memulangkan POW / MIA perang Korea.

Setelah melakukan penandatangan atas hasil kesepakatan Trump dan Kim Jong Un, kedua pemimpin itu berdiri di beranda hotel untuk mengucapkan salam perpisahan.

Namun Trump mengakui, bahwa hasil kesepakatan itu baru awal dari segalanya, ia dan Kim akan terus bertemu dan membahas segala sesuatunya di waktu yang akan datang.

“Kami akan bertemu lagi dan lagi” tutup Trump. (aji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.