Beberapa Figur Terkemuka Batal Masuk Tim Kampanye Pilpres

KH-Asep-Saifuddin-Chalim@NU Jabar
KH-Asep-Saifuddin-Chalim@NU Jabar

 

KH-Asep-Saifuddin-Chalim@NU JabarBeberapa figur terkemuka batal masuk daftar tim kampanye Pilpres 2019 denga beragam alasan. Mereka antara lain KH Asep Asep Saefuddin Chalim, Dahlan Iskan, Khofifah, dan Yenny Wahid.

BantenTribun.id-Nama Dahlan sempat disebut masuk sebagai dewan penasehat di Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf di Jawa Timur. Namun, saat TKD Jatim mendaftarkan nama-nama tim suskes ke KPU, nama Dahlan Iskan yang sedang bepergian ke luar negeri ternyata tidak tercantum.

“Kalau Pak Dahlan beliau mundur. Mungkin kesibukan dan menyangkut masalah kesehatan,” kata Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin saat mendaftarkan TKD di KPU Jatim Jalan Tenggilis Surabaya, Jumat, 21/9/18.

Dahlan juga sudah mengemukakan sikap pribadinya dalam tulisan blog berjudul “Tafsir Wapres untuk Diri Sendiri”. Tulisan itu tersedia di laman web disway.id.

Khofifah, mantan menteri sosial yang terpilih menjadi gubernur Jawa Timur juga batal masuk tim kampanye. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Moeldoko mengatakan yang terpenting adalah semangatnya Khofifah dalam mendukung Jokowi-Maruf.

“Yang penting semangatnya,” kata Moeldoko, di Rumah Juang Jokowi, Jl Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Jumat, 21/9/18.

Kemudian, ada KH Asep Saefuddin Chalim yang juga pengasuh pesantren Amanatul Ummah yang pernah disinggahi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Kiai Asep mundur karena alasan pribadi. “Kiai Asep ingin bebas,” kata Machfud.

Sedangkan nama Yenny sebelumnya ada di daftar timses Prabowo, namun masih dengan tanda bintang. Yenny bilang masih perlu waktu untuk memutuskan bergabung dengan timses Prabowo atau tidak.

Kepastian Yenny batal masuk dikemukakan oleh Wakil Ketua Timses Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso. “Tidak. Memang Mbak Yenny ada rencana mau kita daulat di tempat penting, tapi yang lebih baik beliau sementara di posisi… Tidak (masuk tim sukses),” kata Priyo di pelataran Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat, (21/9) (Red.)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.