Bayi Kelahiran November, Bakal Jadi Centenarian Berumur Panjang?

 

Bayi kelahiran bulan November, punya keistimewaan dan berumur panjang? (foto ilustrasi@BantenTribun)
Bayi kelahiran bulan November, punya keistimewaan dan berumur panjang? (foto ilustrasi@BantenTribun)

Benarkah bayi kelahiran bulan November memilki keistimewaan dan bakal menjadi Centenarian yang bisa berumur panjang  dibanding bayi kelahiran bulan lainnya?

BantenTribun.id– Hari, tanggal, bulan dan tahun kelahiran selalu menjadi bagian penting bagi hampir semua orang di planet ini.

Psikolog sekaligus CEO Grahita Indonesia, Eko Budhi Purwanto,  memaparkan hasil penelitian dari pemerhati kelahiran bayi yang lahir pada bulan November. Apa benar bayi yang lahir di bulan ini memiliki keistimewaan?

Menurutnya, sejak bayi berada dalam kandungan, sebenarnya ia sangat diharapkan untuk lahir pada hari yang sesuai dengan perkiraan, walaupun hanya 4 persen bayi yang lahir sesuai dengan perkiraan, dan banyak anak pertama yang lahir lebih lambat dibanding perkiraan, atau sebaliknya, lahir lebih awal.

Sebagian orang berpendapat bahwa waktu kelahiran sebaiknya tidak usah dipermasalahkan. Namun sebaliknya, perempuan bahkan selalu mengalami kecemasan ketika mereka akan melahirkan bayinya sebelum tanggal yang ditentukan.

“Kecemasan terjadi karena mereka sangat berharap bayi mereka lahir di hari yang sama dengan perkiraan mereka,” terang Eko Budhi.

Kelahiran Bulan November

Bagaimana dengan bayi yang lahir pada bulan November? Apakah ada yang istimewa pada bayi-bayi yang lahir pada bulan tersebut? Eko Budhi memaparkan hasil penelitian Heather Marcoux, seorang pemerhati kelahiran bayi.

Kesimpulan hasil penelitian   Marcoux, kata Eko, mengemukakan berbagai alasan mengapa bayi kelahiran bulan November menjadi bayi yang istimewa.

Hasil studi Heather Marcoux yang dipublikasi pada Situs Newscientist, menemukan satu bukti ilmiah bahwa bayi yang lahir antara bulan September dan November lebih cenderung hidup sampai usia 100 tahun ketimbang bayi yang lahir di bulan-bulan lainnya.

Marcoux mengatakan bulan kelahiran bisa mempengaruhi lingkungan tempat seseorang berkembang baik ketika di dalam lahir atau saat lahir. Bukti menunjukkan bulan kelahiran juga  dapat mempengaruhi perilaku dan genetika serta berdampak seumur hidup pada kesehatan kita.

Peneliti lain,Leonid Gavrilov dan Natalia Gavrilova dari University of Chicago mengumpulkan data lebih dari 1.500 centenarian (orang yang berusia 100 tahun) yang lahir di Amerika Serikat, antara tahun 1880 dan 1895. Peneliti kemudian membandingkan informasi kelahiran dan kematian dengan saudara dan pasangan centenarian tersebut.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa saudara kandung memiliki latar belakang genetik yang serupa, sedangkan pasangan akan mengalami lingkungan serupa di masa dewasa mereka.

Kedua peneliti ini menemukan lebih banyak centenarian lahir di musim gugur daripada di musim semi. Sebagian besar centenarian lahir antara bulan September dan November. Centenarian adalah seseorang yang telah hidup atau diyakini berumur 100 tahun.

Pada 2012, PBB memperkirakan bahwa terdapat 316,600 centenarian yang hidup di seluruh dunia. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.