Bantuan BUMdes Belum Cair, DPMPD Baru Usulkan Hari Ini

57
Taufik hidayat- Kepala DPMPD (foto-dok)
Taufik hidayat- Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang-Provinsi Banten (foto-dok)

Hari ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kabupaten Pandeglang, baru mengusulkan pencairan bantuan modal untuk 30 Bumdes, seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi. Suntikan modal sebesar Rp 50 juta memang dinanti. Bantuan modal berupa duit itu akan dikirim via  rekening  langsung. Bumdes diminta  sabar menunggu.

Pandeglang, BantenTribun.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat membenarkan janji bantuan permodalan dari Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) untuk 30 Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) yang ada di Kabupaten Pandeglag belum terealisasi.

Bantuan permodalan untuk 30 BUMdes di ungkapkan Jokowi saat meresmikan sejumlah program Dana Desa (DD) di Desa Muruy Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang pada, Rabu (4/10/2017) lalu.

Lambannya realisasi bantuan untuk 30 Bumdes di Pandeglang itu, sempat dikeluhkan Ketua Bumdes Tarumajaya, Desa Tarumanagara Kecamatan Cigeulis,  Senin (13/11/2017), kemarin.

“Sampai sekarang belum ada itu bantuannya,” keluh Didi Supriadi, kepada BantenTribun.

Meski sudah berjalan satu bulan, pihak DPMPD baru mengusulkan pencairan bantuan permodalan hari ini, Selasa (14/11/2014).

“Iya memang belum, kan belum di usulkan ke Kementrian. Hari ini baru mau di usulkannya,” kata Taufik saat ditemui di kantor DPMPD Pandeglang.

Taufik Hidayat mengaku belum mengetahui pasti kapan bantuan permodalan dari orang nomor satu di Indonesia itu bisa di cairkan, karena pencairan bantuan modal itu bukan kewenangan DPMPD.

“Enggak tau kapan di cairkannya, kalau kata mereka (Kementerian) besok, Ya besok cair. Tapi kalau 2018 cairnya, ya tinggal tunggu saja. Itu uangnya langsung ke rekening BUMdes penerima bantuan,” ungkapnya.

Taufik menjelaskan sebelumnya pihaknya menginventarisir seluruh BUMdes yang ada di Kabupaten Pandeglang untuk melakukan pendataan BUMdes mana saja yang layak menerima bantuan.

“Sebelumnya kita di printahkan Kemendes untuk mengusulkan 30 penerima bantuan permodalan BUMdes yang layak,” jelas mantan Inspektur Inspektorat itu.*(NG)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here