5 Tipe Teman Kantor yang Nyebelin

orang nyebelin di kantor

Kantor adalah rumah kedua bagi sebahagian pekerja, mungkin bagi sebagian lain adalah rumah pertama, pasalnya banyak orang menghabiskan waktu lebih banyak di tempat ini dibanding dengan keluarga.

BantenTribun.id- Yuk Jujur, bila di jaman now kantor udah jadi rumah kedua bagi para pekerja. Sebagai malah menjadikan kantor sebagai rumah pertama, pasalnya waktu di kantor lebih banyak ketimbang waktu untuk keluarga.

Berbagai interaksi hingga intrik kerap terjadi di tempat “berjuang” itu. Sebab selain soal karir, salary dan kompensasi, tempat bekerja itu adalah ajang untuk aktualisasi dan pertaruhan harga diri.

Tak heran banyak pekerja melakukan segala cara untuk mendapat perhatian lebih dari atasan mereka. Mulai dari maximize dalam bekerja atau menempuh jalan ‘dukun’ bagi mereka yang tak percaya diri dan tak punya kemampuan dalam bekerja.

Yup, kita pun harus jujur, bila rekrutmen di kantor tak melulu didasarkan pada skill, dan capability, kedekatan keluarga, atau suap-menyuap banyak menjadi sebuah warna yang tak bisa dihindari.

Akibatnya, banyak orang-orang ‘nyebelin’ di tempat kita bekerja. Berikut beberapa tipe orang yang bikin kesel itu:

Bermuka Dua

Banyak banget tipe kaya gini di kantor-kantor. Si bermuka dua adalah orang yang seolah-olah baik di hadapanmu, tak jarang mereka juga mau menawarkan bantuan buat kamu.

Namun jangan kaget, bila suatu waktu tipe orang kayak gini bakal menjegal dan membunuh karaktermu di depan atasan.

Si bermuka dua itu ibarat ‘pemancar sinyal’ yang siap memberikan pesan buat atasan kalau kamu adalah orang yang tidak profesional, kurang kapabel, tak suka dengan kebijakan atasan dan berbagai pesan negatif lainnya.

Mereka pun ibarat pengawas ketiga dalam hidupmu setelah Roqib dan “Atid, sayangnya dengan nafsu di pasti akan menyampaikan keburukanmu pada atasan dibanding kebaikan yang telah kamu buat untuk kantor tempat mu bekerja.

Si Penjilat

Si Penjilat umumnya adalah orang-orang yang tak punya kemampuan alias tidak profesional dalam bekerja. Umumnya mereka adalah orang-orang yang doyan mengakui pekerjaan hebat orang lain sebagai hasil kerja kerasnya.

Orang Penjilat tak segan mengaku bahwa semua ide brilian teman atau bawahannya adalah idenya. Bikin sebel bukan?

Tipe seperti ini memang berbahaya, apalagi berada sebagai atasan langsung kamu, atau memiliki kedekatan dengan atasan. Alih-alih bikin kamu semangat mengeluarkan ide kreatif, malah buat kamu jadi semakin down dan malas.

Menghadapi orang seperti ini kamu harus punya keberanian lebih untuk menyampaikan idemu langsung pada pimpinan, hanya saja kamu pun harus siap dengan segala risiko dan membuktikan idemu itu menjadi nyata.

Tukang Gunjing

Tukang gunjing adalah tipe orang yang suka menyebarkan sebuah berita tanpa tahu berita tersebut valid atau tidak.

Mereka akan menceritakan sebuah informasi yang belum tentu utuh dan tidak secara langsung ia dapat, tapi ketika menyampaikan pada yang lain info itu seolah-olah menjadi sebuah kebenaran yang mutlak.

Menghadapi orang-orang model begini kamu harus punya cara komunikasi yang ampuh, jangan buru-buru percaya dan cek dulu kebenarannya. Salah-salah kamu yang jadi korban.

Hati-hati jangan sampai informasi ‘hoax’ itu bisa meracuni pikiranmu, bila sudah terlihat gejalanya mendingan kamu segara ambil langkah seribu.

Tukang Kritik

Tak ada orang yang suka dikritik. Meskipun rekan kerja atau atasanmu itu adalah orang yang mengaku siap dikritik.

Banyak kok, atasan yang mengaku suka dikritik namun nyatanya dia amat membenci orang yang mengkritiknya, ada yang secara terang-terangan membenci namun sebagian akan menyingkirkanmu dengan halus.

Namun kadang kita pun suka kesel bila ada teman kantor yang kerjanya kasih kritik mulu. Dia akan mencari kesalahan kamu sekecil apapun.

Orang kaya gitu bagusnya kami ambil positifnya aja. Karena secara tidak langsung bila kamu ikhlas dikritik akan menyempurnakan hasil kerjamu.

Musuh Abadi

Siapa sih yang pengen punya musuh? Pasti gak ada. Namun dalam dunia kerja yang kompetitif dan penuh tekanan, memiliki musuh adalah sesuatu yang sulit dihindari.

Repotnya bila musuh kamu itu adalah orang dengan  salahsatu atau memiliki 4 tipe di atas. Namun bila musuhmu itu adalah orang yang profesional dan siap bersaing dengan cara-cara yang sehat, tentu bakal menguntungkanmu.

Sebab persaingan yang sehat akan membuatmu terus bersemangat dan menciptakan karya-karya terbaik untuk kemajuan kantor tempat mu bekerja. (ajat s)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.