Petai Bisa Jauhkan Kita Dari Dokter

162
manfaat petai, khasiat petai
Awang, pedagang Petai di Kabupaten Pandeglang

Pandeglang,BantenTribun.id – Petai memang sudah tidak asing buat telinga kita. Petai atau pete merupakan tanaman tahunan dari suku polong-polongan, anak suku petai-petaian (Mimosidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat, termasuk Pandeglang, Banten.

Tahun 2015  berdasarkan  data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang terangkum  dalam Pandeglang Dalam Angka, Kabupaten berjuluk kota santri ini menghasilkan 56.528 kuintal. Wilayah terbesar penghasil komoditas ini adalah  Kecamatan Banjar, Mandalawangi, Cigeulis dan KarangTanjung.

Biji tumbuhan ini , yang disebut “petai”,  bisa dikonsumsi ketika masih muda, baik segar, direbus atau dibakar. Bagi yang masih enggan mengkonsumsi langsung, bisa juga dijadikan bahan campuran sejumlah menu. Sambal goreng ati tidak lengkap tanpa petai.

Aroma petai yang khas dan tajam, sering membuat penggemarnya “menutup mulut” bahkan cenderung malu-malu menyebut sebagai penggemar petai. Jadi, bagi  Tribuners  yang  “doyan”  petai,  jangan khawatir, sebab petai memiliki segudang manfaat buat kesehatan kita.

Salah satu khasiat petai  bagi kesehatan, karena tanaman yang termasuk mimosoidae ini  mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan perut. Meski begitu, juga tidak disarankan petai disantap terlalu sering. Pasalnya, petai mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga lebih baik disantap dengan tidak berlebihan.

Lalu nutrisi apa saja yang terkandung dalam petai?  Seperti dilansir dari Your Health Remedy, petai mengandung :  Protein 6,0-27,5 g,lemak 1,6-13,3 g, karbohidrat 13,2-52,9 g,serat mentah 1,7-2,0 g,energi 91,0-441,5 kcal,kalsium 108,0- 265,1 mg, zat besi 2,2-2,7 mg,kalium 341,0 mg,fosfor 115,0 mg, mangan 42,0,magnesium 29,0, tembaga 36,7 ppm, zinc 8,2 ppm, vitamin C 19,3 mg, thiamine 0,28 mg, dan α-tokoferol 4,15 mg.

Dari laman Hello Sehat, Petai dapat mengatasi masalah kesehatan seperti

Depresi

Petai mengandung tryptophan; semacam protein yang dapat diubah menjadi serotonin yang dapat membuat Anda relaks, meningkatkan mood, dan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Petai dapat membantu meringankan gejala depresi bagi penderita gangguan depresi.

Anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan produksi hemogoblin tak tercukupi, akibatnya Anda terkena anemia. Namun, petai kaya akan zat besi sehingga dapat mendorong terjadinya pembentukan hemoglobin.

Tekanan darah

Biji eksotis ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, tetapi rendah garam, yang dapat menaklukkan tekanan darah. Bahkan US Food and Drug Administration memberi izin kepada industri petai untuk membuat klaim resmi sebagai buah yang memiliki fungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Kekuatan otak

Kandungan kalium sudah sepaket dengan buah ini dapat membantu dalam menyerap pelajaran atau ilmu baru lainnya. Siswa menjadi lebih waspada dan juga ada peningkatan pada kemampuan mengingatnya.

Sembelit

Petai kaya akan serat, sehingga dapat membantu memulihkan fungsi pencernaan. Walaupun bau petai mungkin tidak dapat Anda toleransi, tetapi mengonsumsinya berarti Anda dapat mengatasi masalah sembelit tanpa bantuan obat pencahar.

Mabuk

Cara tercepat mengatasi masalah mabuk adalah dengan membuat milkshake petai, tambahkan madu sebagai pemanis. Petai dapat membantu menenangkan perut. Selain itu dengan bantuan madu, petai mengakumulasikan level gula darah yang habis, sementara susu dapat menghidrasi kembali seluruh tubuh.

Selain itu, petai juga bisa mengatasi  Gula darah, Obesitas, Maag, ketergantungan terhadap rokok, dan masalah pencernaan.

Jadi tidak perlu malu dan takut makan petani, karena barisan biji hijaunya bisa menjauhkan kita dari dokter. Begitu juga sebaliknya, petai bisa juga menjauhkan dokter dari kita. *(red).

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here